Connect with us

Nasional

Kemenkes Sebut Indonesia Akan Terima Tambahan 10 Juta Dosis Vaksin Sinovac

Published

on

Share

Reportersatu, Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menyebut, Indonesia masih memiliki stok vaksin Covid-19 sebanyak 28 juta dosis. Dia bilang, pada bulan April ini Indonesia akan kembali menerima 10 juta dosis vaksin Sinovac

Siti menjelaskan, 5 juta dari 28 juta dosis itu sudah dikirim ke berbagai provinsi dan kabupaten/kota. Dia juga bilang 11 juta dosis vaksin akan didistribusikan pada awal April.

loading...

Baca Juga : Usai Libur Paskah, Ratusan Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta

“Sisanya masih dalam proses untuk vaksin jadi sebanyak 12 juta dosis. Selain itu, di bulan April kita akan menerima lagi dari Sinovac sebanyak 10 juta dosis,” Siti, Sabtu (4/4/21).

Siti juga menjelaskan vaksinasi bagi masyarakat akan tetap dilakukan saat puasa pada Ramadan. Hal ini didukung fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 saat berpuasa.

Dalam fatwa itu memaparkan pemerintah dapat melakukan vaksinasi dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang berpuasa. Marsudi Syuhud, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) juga sudah menegaskan vaksinasi melalui suntik tidak membatalkan puasa.

Siti menambahkan embargo India pada vaksin AstraZeneca mengganggu pengirimannya ke Indonesia. Menurut dia pengiriman vaksin AstraZeneca akan dilakukan pada Mei.

Meski tertunda, dia bilang Indonesia masih punya waktu readyviewed mengejar target herd immunity (kekebalan kelompok) melalui vaksinasi 181,5 juta masyarakat.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *