Connect with us

Nasional

Kemenag Bersama DPR Akan Putuskan Nasib Ibadah Haji 2021

Published

on

Share

Reportersatu, Pada tahun lalu pemerintah Indonesia memutuskan tidak mengirimkan calon jemaah haji akibat pandemi virus corona. Namun bagaiman nasib para calon haji pada tahun ini.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama, Khoirizi mengatakan pihaknya bersama DPR akan membahas sikap untuk memutuskan penyelenggaraan ibadah haji bagi calon jemaah Indonesia tahun 1442 Hijriah/2021 ini.

“Yang jelas, apapun keputusan akan dibicarakan antara pemerintah dengan DPR,” kata Khoirizi dalam keterangan resminya yang dikutip Senin (31/5/21).

loading...

Khoirizi tak merinci kapan pembahasan akan dilakukan dengan DPR. Ia hanya memastikan bahwa Kemenag akan melakukan mitigasi terkait penyelenggaraan haji tahun ini.

Baca Juga : Terkait TWK, Komnas HAM Panggil Enam Pegawai KPK

Saat ini, kata dia, pemerintah belum memutuskan apakah akan memberangkatkan calon jemaah atau tidak. Pembahasan dan keputusannya akan dikeluarkan setelah ada kebijakan detail dari Arab Saudi. 

Arab Saudi sendiri telah memutuskan akan membuka lagi penyelenggaraan ibadah haji 2021. Ibadah akan dibuka dengan menerapkan syarat khusus karena masih di masa pandemi virus corona.

Meski demikian, pihak Saudi masih belum memberikan informasi rinci terkait kuota dan persyaratan untuk calon jemaah.

Oleh karena itu Khoirizi berharap Arab Saudi bisa segera mengumumkan teknis operasional haji terutama terkait kuota.

“Sehingga, Kemenag dan Komisi VIII bisa membahasnya lebih lanjut,” kata dia.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *