Connect with us

Nusantara

Kelompok Pemuda Lingkungan Kota Serang, Sulap Sampah Jadi Gas

Published

on

Webp.net Resizeimage (5)
Share

Reportersatu, Sampah dipandang kotor dan tidak berguna, namun tidak untuk kelompok pemuda lingkungan Cipocok Jaya kota Serang Banten, ini. Para pemuda ini setiap hari mengumpulkan sampah untuk diolah menjadi bahan bakar minyak.

Upaya mengurangi penumpukan sampah plastik di Kota Serang Kelompok kerja bank sampah, mengolah limbah plastik menjadi BBM. Proses pembuatannya, sampah plastik dibakar dengan 2 alat tangki yang sudah di desain selama kurang lebih dari 2 jam.

Hasil dari pengelolaan tersebut terbagi menjadi tiga macam jenis BBM yakni 50 persen solar, 25 persen minyak tanah dan sisanya bensin.

loading...

Hasil BBM dari pengelolaan sampah ini belum dilakukan uji coba terhadap kendaraan bermotor, karena kelompok kerja masih mencemaskan tidak adanya alat penjernih atau penyaring untuk BBM.

Ketua Pokja bank sampah genpilar Lukman Hakim mengatakan, Sampah plastik 100 kilo dapat menghasilkan 10 liter BBM. Dan penemuannya ini merupakan upaya masyarakat untuk mengurangi limbah plastik.

“Sebagai pemuda melihat sampah di kampung kita itu resah, makanya kita inisiatif bersama teman-teman pengurus bank sampah. Kita baca-baca dan lihat YouTube cara pengelolaan sampah plastik menjadi BBM,” ujarnya.1 dari 1 halaman

Lukman mengungkapkan beberapa bulan terakhir kegiatannya yang digeluti bersama pemuda kampung sejak Agustus 2019 ini, kini kurang aktif, karena alat yang digunakannya akan di upgrade agar dapat menjernihkan dan menyaring BBM. Selain itu juga keaktifan anggota mulai berkurang, karena kegiatannya belum dapat menghasilkan uang.

“Yang pertama alat akan diupgrade dan kedua keaktifan anggota karena sementara ini belum bisa menghasilkan uang. Jadi kegiatan selama ini masih pakai dana pribadi buat operasional,” ujar dia.

Lukman mengungkapkan, Pokja bank sampah yang dipimpinnya kini tengah membutuhkan tempat pengelolaan sampah. “Kita perlu tempat pengelolaan sampah, untuk lahan sudah ada tapi alatnya enggak ada,” kata Lukman.

Jika memang pembakaran sampah plastik mengandung oktan yang baik, penemuan ini dapat dipertimbangkan sebagai alternatif bahan bakar minyak sekaligus untuk mengurangi sampah plastik di Kota Serang Banten. 


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *