Connect with us

Kuliner

Kelezatan Makanan Tradisional Ayam Ingkung di Gemari Wisatawan Mancanegara

Published

on

Kelezatan Makanan Tradisional Ayam Ingkung Di Gemari Wisatawan Mancanegara
Share

Reportersatu, Pecinta kuliner tentu sudah tidak asing lagi dengan ayam ingkung. Nama makanan ini berasal dari bahasa Jawa yakni, “Ing” berarti langsung dan “menekung” yang berarti berdoa dengan penuh khidmat.

Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari olaham ayam kampung yang dimasak utuh dan diberi santan kental. Menurut sejarahnya, ayam ingkung merupakan sesaji atau sesajen yang sering digunakan pada masa kejayaan Kerajaan Mataram. Kala itu, para penduduk tidak diperkenankan untuk mengonsumsinya.

loading...

Namun seiring berjalannya waktu, ayam ingkung digolongkan sebagai makanan tradisional. Hidangan ini biasanya disajikan pada acara-acara tertentu seperti pernikahan, ritual adat, dan masih banyak lagi.

Berkat rasanya yang lezat, ayam ingkung menjadi salah satu kuliner tradisional yang paling digemari wisatawan mancanegara. Tak heran bila banyak hotel bintang lima, memasukkan ayam ingkung ke daftar menu mereka.

Selain ayam ingkung, ternyata masih ada beberapa kuliner tradisional Indonesia yang kerap dijadikan sesajen pada ritual dan acara keadatan tertentu. Menurut kepercayaan mereka, ritual ini digunakan sebagai bentuk penghormatan kepada alam semesta dan juga kepada para leluhur.

berkat keunikan itulah harga ayam cemani cenderung mahal dibandingkan dengan jenis ayam pada harga biasanya.

Berkat keunikannya itulah harga ayam cemani cenderung mahal dibandingkan jenis ayam pada umumnya.

Baca Juga : Resep Beef Steak Daging Sapi Menjadi Menu Millenial

Selain ayam ingkung, ada satu jenis ayam lagi yang sering digunakan untuk bahan sesajen yakni, ayam cemani. Keunikan ayam ini terletak pada warna tubuhnya yang khas karena dibalut warna hitam, bahkan sampai ke dalam dagingnya.

Berkat keunikannya itulah harga ayam cemani cenderung mahal dibandingkan jenis ayam pada umumnya.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *