Connect with us

Internasional

Kekurangan Makanan, Gerombolan Gajah Liar Serbu Pemukiman di China

Published

on

Share

Reportersatu, Diduga minimnya persedian makanan di Hutan dimana habitat para gajah-gajah liar selama ini berlindung, Segerombolan gajah liar menghampiri Kota Kunming, ibu kota provinsi Yunnan, China pada Rabu (2/6/21). Kawanan gajah ini menolak upaya pemulangan setelah berjalan ratusan kilometer dari hutan menuju wilayah selatan.

“Kawanan gajah Asia itu, yang terdiri atas tiga anak gajah, mulanya tinggal di cagar alam,” menurut Kantor Berita Xinhua. 

Mereka berjalan hampir 500 km di jalan raya dan melewati ladang tanaman selama beberapa bulan terakhir. Menurut stasiun TV pemerintah CCTV, gerombolan itu, hanya berjarak beberapa kilometer dari tepi Kunming, kota dengan sekitar populasi 8 juta orang, pada Rabu sore.

Baca Juga : Kendalikan Covid, Negara Bagian Victoria Perpanjang Lockdown

Konflik antara warga desa dan gajah bisa muncul begitu hewan tersebut meninggalkan area lindung dan masuk ke pemukiman warga serta memakan hasil panen.

“Kerugian sekitar 1,1 juta dolar AS (sekitar Rp15,71 miliar) disebabkan oleh kawanan gajah ini,” menurut Xinhua.

Pemerintah setempat, Yunnan, yang berbatasan dengan Vietnam, Laos dan Myanmar, menggunakan penghalang jalan dan makanan berton-ton dalam upaya mengalihkan haluan gajah selama beberapa pekan belakangan, sambil mengevakuasi daerah permukiman.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *