Connect with us

Nusantara

Kejati Jabar: Kami Siap Melaksanakan Perintah

Published

on

Kejati Jabar Kami Siap Melaksanakan Perintah
Share

Reportersatu, Jaksa Agung menantang setiap Kejaksaan Tinggi di seluruh Indonesia untuk menggelar sidang pengadilan online, untuk mengurangi aktivitas pertemuan terkait wabah virus corona atau covid 19.

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar, tengah mempersiapkan tantangan tersebut. Seperti diketahui, selama ini, persidangan perkara di pengadilan negeri di Jabar masih berjalan normal.

Baca Juga : Tunggu SK, KBM Tingkat SD dan SMP di Dompu Masih Aktif

“Tentu saja sudah mempertimbangkan aspek teknis juga aspek yuridis. Kami di Kejati Jabar siap melaksanakan perintah,” kata Kasipenkum Kejati Jabar Abdul Muis Ali melalui ponselnya, Kamis (26/3/2020).

loading...

Abdul Muis mengatakan, atas arahan dari Jaksa Agung, Ketua Kejati Jabar saat ini sedang mempersiapkan sidang. Caranya, para pihak, baik jaksa, hakim, terdakwa maupun terdakwa tidak ada di ruang sidang namun tetap di tempat masing-masing.

“Pada prinsipnya kami siap. Kepala Kejati Jabar sudah menyediakan arahan ke seluruh kejaksaan negeri di Jabar untuk hal itu,” katanya.

Saat ini, kata dia, jaksa sedang berkoordinasi dengan para pihak lain yang bisa mewujudkannya.

“Kami segera berkoordinasi dengan pihak pengadilan dan rumah tahanan,” katanya.

Ketua Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Jabar Abdul Aris menambahkan, sidang juga teleconference juga dikirim dari Kemenkum HAM.

“Itu juga jadi salah satu permintaan kami untuk sidang pengadilan yang bisa digelar tanpa harus ke pengadilan, memenangkan Covid-19. Ada dua rencana awal, sidang di rutan atau lapas dan konferensi video,” kata Aris.

Baca Juga : Pasca Corona, Pemkot Jayapura: Kurangi Aktivitas ditempat Keramaian

Hanya saja, sedang berlangsung, konferensi video yang sudah siap diimplementasikan. Sarana prasarana-nya juga sudah siap beberapa lapas dan rutan.

“Sarana prasarananya sudah siap. Lapas Karawang, Rutan Bandung sudah siap,” ujar dia.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *