Connect with us

Wisata

Keindahan Sunrise Puncak Lestari Kabupaten Gorontalo

Published

on

Keindahan Sunrise Puncak Lestari Kabupaten Gorontalo
Share

Reportersatu, Tidak banyak yang tahu, kalau di Desa Tapaluluo, Kabupaten Gorontalo, tersimpan spot yang keren untuk dijadikan lokasi wisata. Biar lokasi wisata itu bisa bernilai ekonomi, karang taruna Kabupaten Gorontalo pun membantu pengelolaanya dengan menyiapkan konsep desa ekowisata.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Gorontalo Sofyan Ishak mengatakan, pemandangan di perbukitan Desa Tapaluluo begitu memanjakan mata.

Di perbukitan ini, warga setempat atau pengunjung biasa menghabiskan waktu menikmati indahnya matahari tenggelam (sunset).

Nah, di pagi hari dari sisi bukit lainnya bisa juga dilihat terbitnya matahari. Jika sedang berawan, momen sunrise itu akan jauh lebih indah.

loading...

Inilah yang membuat karang taruna berkeinginan menawarkan pengembangan desa wisata, namun dengan konsep berbeda.

Mengadopsi konsep desa ekowisata kata Sofyan, pihaknya ingin menghadirkan kegiatan Pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, pemberdayaan sosial, budaya, ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan.

Puncak Lestari Kabupaten Gorontalo

“Desa Wisata dengan konsep ekowisata, Insya Allah ini yang akan kami dorong bersama seluruh elemen masyarakat dan pemerintah Desa Tapaluluo,” ungkap Sofyan.

Dan untuk merintisnya kata Sofyan, pihaknya telah menyiapkan bibit tanaman buah-buahan yang akan di tanam di sekitar lokasi wisata alam yang diberi nama Puncak Lestari.

Sedikitnya 1500 bibit buah seperti Durian Montong, Mangga, Manggis, Sukun, Jambu Krista dan Rambutan akan disiapkan. Soal pengelolaan akan diserahkan ke pihak desa, sedangkan karang taruna hanya sebagai pendamping.

“kami tentu sangat berharap kawan-kawan Karang Taruna Desa Tapaluluo dan Masyarakat setempat berkomitmen serius untuk menjaga keseimbangan lingkungan dan alam melalui program Desa Ekowisata,” tambahnya lagi.

“Saat ini kami masih menunggu lengkap seluruh bibit di tempat penangkaran dan penyemaian bibit, kalo sudah lengkap kami akan segera drop ke lokasi,” timpalnya.

Sementara itu Kepala Desa Tapaluluo Marten Yunus Anwar memberi apresiasi yang tinggi terhadap aksi nyata Karang Taruna Kabupaten Gorontalo.

“Kami sebagai Pemerintah akan mendukung sepenuhnya upaya Pak Sofyan dan kawan-kawan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Gorontalo. Semoga itikad baik ini akan mendapatkan ridho dan restu Illahi,” tegas Mar

Pemerintah desa sendiri akan menggerakkan seluruh kelompok masyarakat di desa itu, untuk terlibat dan mengambil peran sesuai dengan kemampuan masing-masing individu.

“Mewakili masyarakat saya mengucapkan banyak terima kasih kepada teman teman Pengurus Karang Taruna Kabupaten Gorontalo.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *