Connect with us

Wisata

Keindahan Alam Banaue Rice Terraces, Tangga Langit Berusia 2000 Tahun

Published

on

Share

Reportersatu, Mau tahu asal usul dari sawah berundak di Indonesia? Datanglah ke Banaue di North Luzon, Filipina. Di sinilah terdapat sawah berundak tertua sedunia, berumur lebih dari 2.000 tahun.

Tangga langit, begitu kebanyakan orang menjuluki salah satu peninggalan menakjubkan para leluhur masyarakat Filipina ini. menjadi salah satu tempat wisata paling digemari di Filipina, khususnya di wilayah Luzon tepatnya di Gunung Ifugao, Filipina.

Banaue Rice Terraces atau sawah terasering yang menjulang dengan tinggi lebih dari seribu meter ini terletak di dataran tinggi Luzon. Laksana mozaik yang terhampar sejauh mata memandang. Tak heran jika kemudian banyak orang menyebutnya sebagai keajaiban dunia yang kedelapan.

loading...

Baca Juga : Pasar Seni Sukawati, Berburu Kerajinan Pulau Dewata Yang Khas Dengan Harga Murah

Kehadiran Banaue Rice Terraces ini merupakan gabungan dari keindahan dan kelihaian para pembuatnya. Setiap petak sawah dipagari oleh pematang dan disangga oleh dinding batu, berjajar mengikuti kontur pegunungan. Beberapa lereng berbentuk cekung, beberapa lainnya berbentuk cembung.

Dan luar biasanya, semua itu diciptakan oleh para leluhur bangsa Filipina dengan menggunakan alat yang masih sederhana sekitar 2000 tahun lalu. Artinya, Banaue Rice Terraces termasuk sawah terasering tertua di dunia. Hebatnya lagi, sistem pengairan sawah ini telah diatur sedemikian rupa oleh para pembuatnya. Dengan memanfaatkan aliran air dari hutan di atas persawahan tersebut, mereka tak kesulitan untuk memenuhi kebutuhan tanaman di sawah ini akan air.

Pada tahun 1995 sawah ini sempat dijadikan situs warisan dunia UNESCO. Upaya restorasi dan konservasi pun dilakukan secara besar-besaran di tahun 2000-an demi membantu pelestarian situs ini.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *