Connect with us

Nusantara

Kebun Binatang di Yogyakarta Akan Menyambut Kelahiran Bayi Gajah

Published

on

Share

Reportersatu, Kebun Binatang Gembira Loka di Yogyakarta bersiap menyambut kelahiran bayi dari dua induk gajah yang sedang mengandung. Masing-masing adalah Gajah Shinta yang usia kehamilannya sudah 19 bulan dan Gajah Seiji 13 bulan.

Selama hamil, dua gajah betina tersebut diberi rutinitas khusus untuk menjaga kandungannya serta membantu ketika proses melahirkan. Salah satunya adalah melalui olahraga.

Gajah Shinta dan Seiji berolahraga secara rutin dengan berjalan-jalan mengelilingi Kolam Mayangtirta. Para pawang dengan setia menemani kedua gajah itu berolahraga melalui intensitas ringan.

loading...

Dijelaskan, olahraga ringan diperlukan gajah untuk membantu metabolisme dalam tubuh layaknya pada manusia.

“Dengan olahraga jalan sehat ini kami maksudkan agar metabolisme di dalam tubuh induk dan bayi di kandungan tetap baik, jadi nantinya saat melahirkan nantinya berlangsung lancar,” ungkap Kepala Bidang Kesehatan Satwa dan Nutrisi Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta drh Berta Alviyanto, Rabu (19/2/2020), dikutip dari KRJogja.

Ia menjelaskan, dalam masa kehamilan, kondisi kesehatan kedua gajah itu terus dipantau dan kebutuhan nutrisinya dipenuhi.

“Selain diberi pakan rumput kalanjana, juga ada tambahan menu sayur-sayuran dan buah-buahan, seperti kacang-kacangan, pepaya, semangka, dan melon. Selain itu pemeriksaan darah dan pemeriksaan ultrasonografi (USG) rutin dilakukan,” sambungnya.

Sementara Rohman Bagus, salah satu pawang di sana, mengungkapkan bahwa mengajak jalan-jalan gajah hamil rutin dilakukan setiap pagi dan sore.

Tidak hanya itu, piket malam juga diberlakukan sejak akhir Januari 2020 untuk memantau kondisi dua gajah hamil tersebut, khususnya Shinta yang sudah memasuki masa melahirkan.

“Perkiraan Shinta akan melahirkan pada akhir Maret atau awal April nanti. Kami terus pantau, mudah-mudahan lancar, sehingga kebun binatang punya tambahan koleksi gajah,”¬†tandasnya.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *