Connect with us

Nusantara

KCIC Relokasi Sutet hingga Sungai untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Published

on

Webp.net Resizeimage (4)
Share

Reportersatu, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan merelokasi 460 titik lokasi termasuk sungai, saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET), saluran listrik tegangan menengah hingga pipa air PDAM untuk merampungkan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.

“Jadi PR (pekerjaan rumah) ke depan adalah relokasi, di mana relokasi SUTET saja 32 perlintasan. Yang kami kerjakan baru 20-an,” kata Direktur Utama KCIC Chandra Dwiputra.

loading...

Chandra menjelaskan target relokasi akan dikebut setelah proses pembebasan lahan selesai. Pembebasan lahan sendiri disebutnya hampir rampung 100 persen. Menurut dia proses relokasi membutuhkan waktu karena harus ada lokasi pengganti.

“Kami harus mencari penggantinya dulu. Tapi pengganti ini tidak bisa (dipercepat) dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah. Jadi tetap business to business. Tapi mau selesai berapa lama, apalagi kalau nilainya besar-besar,” ujar Chansdra.

Khusus untuk relokasi sungai Sunter, Chandra menyebut trasenya tidak bisa ditempatkan sejajar sehingga harus dilakukan pergeseran. Hal hal tersebut terjadi di banyak titik sehingga cukup rumit.

Ada pun terkait kemajuan pembangunan, saat ini telah mencapai sekitar 43-45 persen. Namun, Chandra menekankan yang terpenting dalam proses pembangunan adalah tersambungnya jalur-jalur yang dibangun. “Jadi PR kami sekarang adalah bagaimana menyambung, jangan berhenti.”


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *