Connect with us

Nasional

Kawal PPKM Mikro, TNI AU Terjunkan Pasukan Paskhas

Published

on

Share

Reportersatu, Setelah Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) meluncurkan mikro, dengan periode baru, 15-28 Juni 2021, TNI Angkatan Udara (AU) kembali aktifkan Pasukan Khas (Paskhas) dalam mengawal terselenggaranya aturan PPKM . Ratusan prajurit Paskhas akan bertugas di wilayah DKI Jakarta dan Madiun, Jawa Timur.

“Setelah penetapan PPKM berskala mikro, yang berlaku 15-28 Juni 2021, TNI AU kembali mengerahkan Paskhas dalam mengawal terselenggaranya aturan PPKM yang ditetapkan pemerintah,” ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, Sabtu (19/6).

loading...

Gilang menjelaskan, untuk di wilayah DKI Jakarta, pihaknya mengerahkan sebanyak 100 personel yang berasal dari Wing I Paskhas. Prajurit-prajurit Paskhas tersebut turut mengikuti Apel Gelar Kesiapan PPKM yang dipimpin Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di lapangan Monas, Jakarta Pusat.

Baca Juga : Kasus Harian Positif Covid-19 di DKI Jakarta Pecahkan Rekor

“Sementara di wilayah Madiun, Jawa Timur, TNI AU mengerahkan 115 prajurit dari kesatuan Batalyon Komando 463 Paskhas,” kata dia.

Selama melaksanakan tugas, kata Gilang, Paskhas akan bersinergi dengan instansi terkait lainnya. Instansi-instansi lain yang dia maksud, yakni dengan sesama satuan TNI lainnya, Polri, maupun dengan instansi pemerintah setempat.

“Para prajurit secara aktif memberikan penyuluhan kepada warga masyarakat, tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan,” jelas dia.

Sebelumnya, TNI-Polri menambah pasukan untuk melaksanakan PPKM Mikro di beberapa titik posko di sekitar Jawa Timur. Pasukan TNI yang akan diturunkan berasal dari Marinir dan Polri akan menurunkan pasukan Brimob dari Polda Jawa Timur.

Apabila hal tersebut sudah dilakukan, maka setiap petugas di lapangan dapat melaksanakan tugasnya dengan optimal. Sejumlah tugas yang harus dilakukan ialah menegakkan disiplin protokol kesehatan, penyekatan, testing, tracing, pengawasan isolasi mandiri, pemantauan dan distribusi logistik. 


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *