Connect with us

Nusantara

Kapolda Sulut Tekankan Banyak Hal saat Buka Latpraops

Published

on

Img 20201023 094609 620x330
Share

Reportersatu, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol RZ Panca Putra membuka Latihan Pra Operasi (Latpraops) Zebra Samrat 2020, di Aula Tribrata, Polda Sulut, Jumat (23/10/2020). Diikuti secara virtual oleh seluruh Kapolres dan Kapolresta serta jajaran Satuan Lalulintas dan dihadiri para PJU Polda Sulut dan personil Fungsi Lantas di Polda Sulut.

Dalam arahannya, Kapolda Irjen Pol RZ Panca Putra mengatakan, tujuan dilaksanakan Operasi Zebra Samrat ini adalah bagaimana mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalulintas. 

“Untuk melaksanakan operasi kita perlu melaksanakan latihan operasi. Bagaimana cara bertindak, apa yang harus dilaksanakan,” ujar Irjen Pol RZ Panca Putra. Ia mengingatkan kepada seluruh personil yang nantinya akan melaksanakan Operasi, agar pengedepankan tindakan simpatik dan mengutamakan pemberian peringatan daripada penindakan.

Pelaksanaan Operasi Zebra ini menurut Kapolda Irjen Pol RZ Panca Putra, untuk menghadapi berbagai agenda tugas kedepan, seperti pencegahan covid-19, gejolak unras omnibus law, pengamanan pilkada dan berbagai kegiatan masyarakat terutama menjelang perayaan Hari Natal tahun 2020, termasuk mengantisipasi pelaksanaan hari libur nasional tanggal 28 hingga 31 Oktober 2020.

“Kita tidak boleh underestimate, saya berharap tidak sekedar pelaksanaan operasi, tapi masyarakat diberi pemahaman bagaimana memahami tata cara berlalulintas yang baik,” ujar Irjen Pol RZ Panca Putra.

Mantan Direktur Penyidikan KPK ini juga berharap Operasi Zebra ini juga dapat dijadikan sarana untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, termasuk mengevaluasi sarana dan prasarana jalan, serta evaluasi berbagai kerawanan di tengah masyarakat.

Pada kesempatan itu juga, Kapolda RZ Panca Putra mengingatkan kepada seluruh jajaran agar mewaspadai bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi. “Kita berharap itu tidak terjadi dan Polri harus siap untuk mengantisipasi berbagai bencana alam. Kita harus siap personil dan peralatannya,” tandas Irjen Pol RZ Panca Putra.

Pelaksanaan Operasi Zebra Samrat ini direncanakan akan dilaksanakan selama 14 hari, dimulai tanggal 26 Okotber hingga 8 November 2020.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *