Connect with us

Nasional

JK Minta Masjid dan Musholla Meningkatkan Kebersihan

Published

on

Jk Minta Masjid Dan Musholla Meningkatkan Kebersihan
Share

Reportersatu, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) M Jusuf Kalla meminta agar seluruh takmir masjid maupun musala untuk meningkatkan kebersihan di lingkungan masing-masing.

Hal itu guna mengantisipasi penularan virus corona atau Covid-19 setelah masuknya virus yang berasal dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China itu. “Kepada seluruh jajaran pimpinan wilayah, daerah, cabang dan ranting untuk melakukan langkah sanitasi siaga bersama DKM serta takmir masjid atau musala,” kata Kalla melalui keterangan tertulis, Kamis (5/3/2020).

loading...

Setidaknya, ada enam poin utama yang disampaikan Kalla. Selain menjaga kebersihan lantai dengan cara membersihkannya dengan cairan disinfektan, juga menjaga kebersihan karpet dan alas lainnya secara rutin dengan menggunakan vacum cleaner atau alat lain yang dianjurkan.

Di samping itu, tempat wudhu dan toilet juga harus dibersihkan rutin dengan menggunakan cairan disinfektan. “Para jamaah yang salat agar membawa sajadah atau sapu tangan atau kain bersih sendiri sebagai alas sujud masing-masing,” ujar Kalla.

JK juga meminta agar para jemaah yang sedang batuk, demam dan mengalami gejala sakit serupa flu dan gangguan pernapasan agar melaksanakan salat di rumah untuk sementara waktu hingga sembuh.

Baca Juga : Suara Tembakan KKSB Tak Menyurutkan Langkah Kami Meninjau Freeport

Terakhir, ia berharap agar seluruh pihak ikut mengawasi penyebaran atau penularan Covid-19 dan berupaya melakukan upaya tanggap dengan melaporkan warga yang dicurigai terdampak virus ini.

Presiden Joko Widodo sebelumnya menyatakan dua orang dinyatakan positif virus corona di Indonesia. Kini, keduanya tengah menjalani isolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *