Connect with us

Kesehatan

Intip Beberapa Manfaat Mengejutkan Buah Duku Untuk Kesehatan

Published

on

Share

Reportersatu, Buah duku merupakan salah satu buah tropis yang bisa ditemui di beberapa daerah di Indonesia. Buah yang satu ini berasal dari bagian barat Asia Tenggara, seperti Thailand maupun Filipina.Buah duku umumnya sering dikonsumsi sebagai pencuci mulut.

Buah duku memang sedap disantap. Namun buah ini juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Simak sederet manfaatnya berikut ini.

1. Sumber Antioksidan

Buah duku mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan itu berfungsi menghindarkan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang masuk ke tubuh manusia lewat polusi dan zat beracun.

loading...
2. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu efek negatif radikal bebas adalah penuaan dini. Kandungan vitamin C dalam buah duku bisa melindungi tubuh protein lipid, asam nukleat, dan karbohidrat dari kerusakan akibat polusi atau racun.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah duku juga mengandung vitamin E. Vitamin ini dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, seperti menjaga kelembapan kulit, membantu menyembuhkan luka, dan menjaga kulit dari sinar UV.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah duku sangat kaya vitamin C yang dibutuhkan setiap tubuh orang untuk menjaga kesehatan. Kandungan pada vitamin C pada buah ini berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh untuk orang yang sedang dalam masa pemulihan.

5. Menurunkan Berat Badan

Buku duku tidak disangka bisa membantu menurunkan berat badan. Buah ini mengandung karnitin yang berfungsi mengubah lemak menjadi energi dalam tubuh. Jika kandungan karnitin berkurang, akan terjadi penumpukan lemak.

6. Memperkuat Gigi

Buah duku berkhasiat memperkuat gigi, karena mengandung fosfor di dalamnya. Manfaat fosfor dalam duku juga akan lebih optimal dengan mengonsumsi stroberi.

7. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah duku kaya akan serat sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Konsumsi serat yang cukup dipahami bisa mencegah penyakit kanker di saluran pencernaan.

8. Mengatasi Diare dan Demam

Buah duku sangat berkhasiat efektif untuk mengobati diare dan juga bermanfaat menurunkan panas atau demam tinggi. Caranya cukup mudah, yaitu ambil biji buah duku, lalu tumbuk hingga halus. Rebus bersama air, minum sehari sekali untuk menyembuhkan diare.

Demikian berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan yang bisa didapat dengan mengonsumsi buah duku.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *