Connect with us
DomaiNesia

Kuliner

Inilah Resep Burger Yang Sehat Dan Bergizi

Published

on

Download
Share

Reportersatu, Mendengar nama Burger, sejenak yang terlintas dipikiran adalah makanan cepat saji dengan rasa lezat dan mengunggah selera.


Namun muncul juga di benak kita bahwa makanan ini adalah salah satu junk food dan mungkin tidak sehat.


Umumnya Burger memang tak sehat, tapi bila dimasak dan dikonsumsi dengan cara yang benar, makanan ini pun menyehatkan.

Banyak bahan yang bisa digunakan dalam pembuatan burger seperti daging merah, sayuran bahkan kacang-kacangan, di mana bahan tersebut dapat menjadi sumber protein berkualitas tinggi dan nutrisi penting lainnya seperti zat besi, seng, dan vitamin B12.


Berikut adalah bahan-bahan yang bisa dimasukkan untuk Burger yang sehat:

  1. Gunakan roti gandum utuh
    Daripada memilih roti burger biasa yang dibuat dengan tepung olahan, gula, susu, ragi dan mentega, lebih baik anda pilih roti gandum untuk memeberikan rasa sehat pada burger Anda.
  2. Tambahkan biji-bijian
    Biji-bijian yang sehat seperti chia, rami, bunga matahari, labu, wijen, bisa dijadikan tambahan yang sempurna untuk burger yang sehat sekaligus menambah rasa renyah dan unik.
  3. Tambahkan kacang
    Anda bisa tambahkan makanan kaya serat seperti kacang-kacangan karena dapat membantu menurunkan kandungan lemak di burger Anda. Sangat bagus menambahkan kacang rebus ke dalam burger, untuk menyeimbangkan kandungan lemaknya.
  4. Tambahkan alpukat
    Menambahkan buah alpukat ke burger Anda dapat membuat burger anda terasa lebih sehat dan mencegah segala jenis peradangan usus yang biasanya terjadi setelah makan burger yang terlalu banyak diisi minyak.
  5. Buat lebih simpel
    Ahli gizi mengatakan bahwa yang terbaik adalah membuat burger yang sederhana, dan tidak menambahkan atau batasi penggunaan keju, telur, bacon, jamur, dan lainnya secara sekaligus.
  6. Jangan Tambahkan kentang goreng
    Tanpa kentang goreng, Anda menyelamatkan tubuh Anda dari minyak yang berlebihan dan sangat asin. Sebagai pelengkap bergizi, coba tambahkan salad hijau, buah segar, kacang-kacangan atau sayuran.

Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *