Connect with us

Seni & Budaya

Karya Seni dan Budaya Hingga Kerajinan Tangan Dimiliki Indonesia

Published

on

Share

Reportersatu, Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan budaya yang tersebar di setiap provinsinya. Seni budaya yang terdapat di Indonesia berbeda-beda sesuai dengan kultur budaya dari masing-masing wilayah.Seni budaya sendiri merupakan segala hal yang diciptakan oleh manusia berkaitan dengan cara hidup dan berkembang secara berkelompok.

Seni budaya memiliki unsur keindahan yang dilakukan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Kata seni dalam bahasa Indonesia memiliki arti tidak sederhana, enak dipandang dari segi terminologis maupun etimologisnya.

Sedangkan budaya berasal dari bahasa sanskerta yaitu “buddayah” berarti sesuatu yang terkait dengan dengan budi dan akal manusia. Seni budaya memiliki dua fungsi dalam kehidupan bermasyarakat.

Pertama adalah fungsi praktis berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat, seperti pembuatan kursi ditujukan untuk tempat duduk. Kedua ialah fungsi estetis terkait dengan keindahan dari suatu bentuk kerajinan misal lukisan, patung, dan lain-lain.

loading...

Di Indonesia, seni budaya juga memiliki fungsi tambahan yakni sebagai alat untuk ritual keagamaan. Indonesia terkenal di mancanegara akan hasil kerajinan seni budayanya yang mendunia, seperti batik yang diakui UNESCO sebagai salah satu warisan budaya. Begitu pula dengan angklung, wayang kulit, reog ponorogo, dan keris.

Keragaman seni budaya di Indonesia terdiri dari seni tari, seni rupa, seni musik, seni teater, dan seni kriya. Masing-masing ragam budaya ini memiliki ciri khas dan menjadi kebanggaan Indonesia di mata dunia.

Seni Tari

Seni tari merupakan suatu gerakan berirama yang dilakukan di suatu tempat dan waktu tertentu. Seni ini bermaksud untuk mengekpresikan perasaan dan menyampaikan pesan dari seseorang maupun kelompok.Seni tari terdiri dari unsur utama dan unsur pendukung. Unsur utama ialah wiraga (raga), wirama (irama), dan wirasa (rasa). Sedangkan unsur pendukungnya ialah gerak, ragam iringan, rias dan kostum dan pola lantai/bloking.

Seni Rupa

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan menggunakan media yang bisa dilihat dan dirasakan. Seni rupa memiliki dua fungsi, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.Seni rupa murni didasarkan pada ekspresi jiwa seperti patung, lukisan, fotografi. Sedangkan seni rupa terapan memiliki tujuan dan fungsi tertentu misalnya seni kriya.

Seni Musik

Seni musik adalah salah satu cabang seni yang berfokus pada penggunaan melodi, irama, tempo, harmoni dan instrumen lainnya. Seni musik berperan sebagai sarana dalam mengekspresikan perasaan penciptanya yang dapat berubah seiring waktu.Jenis seni musik terbagi menjadi seni musik klasik, tradisional, dan modern.

Seni Teater

Seni teater adalah seni pertunjukan yang ditampilkan di atas panggung. Cerita dalam seni teater dapat mengisahkan sejarah, kehidupan sehari-hari, drama komedi, atau sindiran. Contohnya adalah ketoprak, wayang, dagelan, dan akrobat.

Seni Kriya

Seni kriya adalah kerajinan seni yang dibuat dengan menggunakan tangan serta memperhatikan berbagai aspek seni dan fungsional. Dalam membuat seni kriya, diperlukan keterampilan khusus agar hasilnya indah dan sempurna. Contoh kerajinan ini ialah perhiasan, kursi kayu, dan lain-lain.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *