Connect with us

Otomotif

India Berhasil Merakit Lokal Jeep Wrangler

Published

on

Share

Reportersatu, Indonesia patut meniru apa yang dilakukan India agar harga mobil Jeep Wrangler jauh lebih murah dari sebelumnya. Dilaporkan Auto Hindustan Times, India baru-baru ini berhasil merakit lokal Jeep Wrangler. Seluruh perakitan dilakukan di pabrik FCA yang ada di Ranjangaon, Pune, India. Diketahui pabrik Ranjangaon sendiri dimiliki oleh Tata Motors dimana FCA bisa memanfaatkan pabrik itu melakukan perakitan mobil.

Lebih lanjut perakitan yang dilakukan dengan metode Semi Knock Down (SKD) itu berhasil membuat harga Jeep Wrangler dijual di harga 5,39 juta Rupee atau setara Rp1,06 miliar. Harga ini jauh lebih murah dari harga sebelumnya yakni 6,89 juta Rupee atau setara Rp1,35 miliar.

loading...

Hanya saja saat ini Jeep Wrangler buatan Indiaitu hanya hadir dalam satu pilihan mesin yakni bensin. Selain itu model yang diproduksi di India hanya dua model Jeep Wrangler saja yakni Ultimate dan Rubicon.

Tidak ada perbedaan antara Jeep Wrangler yang dirakit di India dengan yang diimpor langsung dari Amerika. Mobil SUV legendaris itu tetap menggunakan mesin bensin 2,0 liter turbo yang bisa menggelontorkan tenaga 262 daya kuda dan torsi maksimal 400 Nm.

Selain itu transmisi menggunakan transmisi delapan percepatan. Agar tingkat efisiensi tercapai Jeep menambahkan fitur stop-start system ke Jeep Wrangler baru itu.

Beberapa fitur lainnya seperti lampu teknologi baru dengan sistem kerja otomatis, ban berukuran 18 inci, lampu suasana interior dari LED, touch screen berukuran 8,3 inci yang bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto tetap ditemukan di Jeep Wrangler buatan India.

Varian tertinggi Jeep Wrangler Rubicon juga hadir dengan teknologi penggerak empat roda Rocktrac 4×4 system, pintu yang bisa dicopot dan kap mesin dengan decal Rubicon.

Indonesia sendiri memiliki kerja sama khusus dalam industri otomotif. Hal ini membuat banyak mobil-mobil produksi di India bisa dipasarkan dengan harga kompetitif di Indonesia misalnya Suzuki Ignis, Renault Kwid hingga Renault Triber.

Hanya saja tidak diketahui apakah pabrik FCA di Ranjanangon, Pune, India bisa mengalokasikan produksi Jeep Wrangler mereka untuk ekspor ke Indonesia. Jika memang bisa tentu ini akan jadi opsi menarik karena harga Jeep Wrangler di Indonesia akan lebih kompetitif.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *