Connect with us

Lensa Artis

Iksan Skuter Merilis Buku Antologi Lirik “Bingung”

Published

on

Iksan Skuter Merilis Buku Antologi Lirik Bingung
Share

Reportersatu, Buku semacam ini mau tak mau memperhitungkan kesosokan. Menimbang Iksan Skuter, solois kelahiran Blora, Agustus 1984 yang mengawali karier sebagai seorang gitaris band yang bergerak dalam ekosistem industri arus utama dan acara musik pagi hari.

Ketidakpuasan ini dan itu membuatnya beralih. Kini Iksan menjadi Iksan: Topi bintang satu merah, gitar akustik yang galak, energi meluap merilis album per tahun, lirik-lirik yang lugas tentang apa saja yang tidak baik-baik, dan lain-lain.

Perayaan Perilisan Buku Lirik Bingung

Untuk merayakan perilisan buku tersebut, digelar semacam perayaan di IFI-LIP Yogyakarta, Jumat, 14 Februari 2020. Acara bertajuk Bingung ini merupakan kerja sama penerbit Warning! Books dengan Huhum Art Organizer dan Katalika Project.

loading...

Selain menghadirkan panggung gelar wicara yang diisi oleh penulis buku, Iksan Skuter, acara ini juga mendatangkan Jason Ranti dan Umar Haen. Dua musisi yang punya banyak irisan dalam hal tema penulisan lagu.

Sengaja panggung ini disediakan untuk menyimak musisi berbicara, merumpi, atau berbual-bual. Selain tentu saja untuk memberi kesempatan bertanya bagi yang penasaran dengan isi buku ataupun isi kepala penulis buku ini.

Baca Juga : Ghea Tampil Beda Saat Rilis Lagu Barunya ” Mau Enaknya Aja”

Pada sesi diskusi, Umar Haen selaku moderator banyak menanyakan hal-hal keseharian, hingga proses berkarya kedua musisi tersebut. Tentunya dengan latar belakang lingkungan dan daerah asal yang berbeda, ada banyak warna di balik karya Iksan Skuter, maupun Jason Ranti.

Misalnya perbedaan ketika mereka mempunyai anak, keduanya mengakui adanya pergeseran dalam gaya menulis lirik lagu. Diskusi yang hangat dan intim berlangsung hingga menjelang ujung acara.

Baca Juga : Legenda Musisi Era 70-an Tutup Usia Odin Nasution

Selain gelar wicara, helatan ini juga menyuguhkan penampilan musik. Kopibasi yang baru saja merilis album Anak Pertama (2019) tampil sebagai pembuka, dan dilanjutkan oleh Sisir Tanah yang sepak terjangnya punya riwayat yang cukup akrab dengan Iksan Skuter.

Tujuan Merilis Buku Bingung

Tomi Wibisono selaku pendiri Warning! books mengatakan penerbitan buku ini dilakukan sebagai upaya mendekatkan musik dan buku. “Pertama untuk semakin mendekatkan musik dengan buku. Sekaligus mempertanyakan posisi lirik lagu di dunia literasi,” ungkap Tomi.

Ia juga berharap ke depannya banyak musisi yang terinspirasi dari terbitnya buku ini, “Harapannya agar banyak musisi yang turut merayakan liriknya menjadi buku. Menyadari bahwa liriknya bisa dibukukan, jadi semakin serius menggarap liriknya”.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *