Connect with us

Otomotif

Honda City Hatchback RS Hadir di Indonesia Menggantikan Honda Jazz Lama

Published

on

Share

Reportersatu, Honda City Hatchback RS akhirnya dikenalkan di Indonesia untuk menggantikan Honda Jazz yang sudah dihentikan produksinya sejak Februari 2021 kemarin.

Ada banyak sekali pertanyaan terkait mobil berdesain sporty, memiliki fitur terkini, serta mesin bertenaga terbesar di kelasnya itu. Nah, Sindonews mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul terkait peluncuran Honda City Hatchback RS .

Ya. Karena Jazz generasi keempat dianggap terlalu mewakili selera konsumen Jepang dan dianggap tidak cocok dengan konsumen Indonesia yang lebih suka desain sporty. Maka, PT Honda Prospect Motor memutuskan untuk mengakhiri produksi Honda Jazz di Indonesia.

”Sejak 2019 kami sudah melakukan studi, yang hasilnya karakter Honda City Hatchback RS dapat memenuhi target market mereka yang menyukai Honda Jazz,” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor.

Billy menyebut, Honda Jazz dikenal dengan karakter sporty dan performa mesin yang sangat baik. Sementara City Hatchback RS tidak hanya mengusung desain maskulin dan khas anak muda, tapi juga menawarkan value for money lebih baik. ”Misalnya mesin baru yang lebih bertenaga dan irit,” beber Billy.

loading...

2. Mengapa Honda City Hatchback RS tidak menggunakan mesin 1.0L turbo seperti Thailand?
Large Project Leader Honda City Hatchback Satoru Azumi menyebut bahwa pihaknya melakukan studi panjang untuk menentukan mesin yang cocok untuk pasar Indonesia.

”Ada tiga hal pertimbangan kami. Pertama, dari kebutuhan konsumen. Kedua, dari kondisi lingkungan dan kecocokan implementasi mesin, dan ketiga marketability,” ungkap Satoru.

Dan hasilnya mesin 4 silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW dengan pilihan transmisi CVT & 6 M/T dianggap paling cocok untuk pasar Indonesia. Mesin itu membuat performa Honda City Hatchback RS mencapai 121PS/6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm/4.300 rpm.

Di Thailand, Honda City Hatchback mengusung mesin 1.0L (998 cc) VTEC Turbo 3 silinder yang juga mampu memompa daya 122 PS pada 5.500 rpm dan torsi puncak 173 Nm pada 2.000-4.500 rpm. ”Mesin dan transmisinya memang berbeda, tapi fiturnya sama,” ujar Satoru.

3. Apalah Honda City Hatchback RS Diproduksi Lokal atau CBU?

Honda City Hatchback RS diproduksi lokal di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat. Namun, Billy belum bisa menyebutkan berapa prosentase kandungan lokalnya.

”Karena cara menghitungnya beragam. Bisa dari jumlah partsnya, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), atau purchase cost structure. Untuk sementara saya bbelum bisa menjawab. Termasuk apakah Honda City Hatchback RS ikut masuk relaksasi pajak atau tidak. Karena harga belum kami umumkan,” ujar Billy.

4. Mengapa Honda Jazz Harus Disuntik Mati?

Performa penjualan Honda Jazz memang tidak sebaik 4-5 tahun silam. Tapi, Jazz tetap menjadi pemimpin pasar hatchback di Indonesia. Pada Februari 2021, misalnya, penjualan Honda Jazz masih sebanyak 349 unit. Masih lebih banyak dibanding gabungan Honda Civic, Odyssey, City, dan Accord.

Masalahnya, memang tidak ada pengganti Honda Jazz. Maka, mau tak mau Honda City Hatchback RS diposisikan sebagai pengganti Jazz di pasar hatchback. ”Pasar hatchback memang tidak sebesar low MPV dan low SUV, tapi tetap tumbuh. Karena itu iingin mempertahankan posisi 1 di hatchback lewat Honda City Hatchback RS.

Produksi terakhir Honda Jazz dilakukan di Februari 2021. ”Saat ini hanya ada sekitar 300 unit di dealer kami di seluruh Indonesia,” ungkap Billy.

5. Berapa target penjualan Honda City Hatchback RS per bulan?

Honda City Hatchback RS ditargetkan terjual 1.000 unit per bulan atau dua kali lipat dari penjualan Honda Jazz saat ini. Konsumen sudah bisa melakukan pemesanan atau pre-order mobil yang akan dikirimkan pada April 2021 mendatang. Harga Honda City Hatchback RS baru akan diumumkan dalam waktu dekat.

6. Mengapa hanya ada 1 varian Honda City Hatchback RS?

Sukses Honda di segmen hatchback tak lepas dari kontribusi varian yang memiliki karakter lebih sporty, yaitu varian RS. Pada 2020, varian RS dari Honda Jazz sendiri berkontribusi lebih dari 90% dari total penjualan model ini.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *