Connect with us

Nasional

Hari Ini Pendaftaran PPDB DKI Jakarta di Buka

Published

on

Share

Reportersatu, Informasi bagi warga DKI Jakarta yang memiliki putra dan putri usia sekolah baik Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengah Pertama SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA), hari ini merupakan jadwal resmi Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Jakarta 2021, Senin (7/6/21).

Karena itu  Para calon siswa dan orang tua yang hendak mendaftarkan putra-putrinya pada PPDB Jakarta 2021 harus mulai mempersiapkan diri. Ada empat jalur pendaftaran yang dibuka meliputi jalur prestasi, afirmasi, zonasi, serta perpindahan tugas orang tua dan anak guru.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jakarta, Nahdiana, mengatakan pihaknya berkomitmen mewujudkan kesetaraan kesempatan pendidikan bagi warga Jakarta dari seluruh latar belakang untuk mendapat pendidikan berkualitas.

Baca Juga : DPR Minta BPOM Jelaskan Terkait Informasi Produk Nestle Yang Tidak Sehat

“Dengan daya tampung yang terbatas dan sebaran sekolah yang tidak merata, di mana terdapat 168 Kelurahan tidak memiliki SMA Negeri dan 86 Kelurahan tidak memiliki SMP Negeri, maka harus diterapkan berbagai seleksi PPDB,” kata Nahdiana dalam keterangannya, Senin (7/6/21).

Ia menjelaskan, di ibu kota terdapat Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Negeri (SPAUDN) sebanyak 113, Sekolah Dasar Negeri (SDN) sebanyak 1.322, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) sebanyak 292, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) sebanyak 115, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) sebanyak 73, Sekolah Luar Biasa Negeri (SLB) sebanyak 13, dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebanyak 39.

Nahdiana menyebut, total daya tampung untuk SMP Negeri jika dibandingkan lulusan dari SD Negeri, swasta, serta madrasah hanya dapat mengakomodasi 47,33 persen peserta didik.

Sedangkan total daya tampung SMA Negeri dan SMK Negeri dibandingkan dengan lulusan dari SMP Negeri, swasta serta madrasah, hanya dapat mengakomodasi 33,66 persen peserta didik.

Pihaknya telah melakukan persiapan untuk membentuk aturan PPDB yang sesuai dengan melakukan kegiatan uji publik agar mendapatkan masukan dari para pakar, praktisi, birokrat, akademisi dan stakeholder pendidikan serta perwakilan orangtua.

“Kami berharap pelaksanaan PPDB DKI Jakarta Tahun 2021 dapat berjalan dengan lancar karena seluruh warga DKI Jakarta dari berbagai kalangan berkesempatan memperoleh pendidikan yang tuntas dan berkualitas di kota ini,” ujarnya.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *