Connect with us

Nasional

Harga Emas Turun Lebih Dari 1%

Published

on

Share

Reportersatu, Harga emas turun lebih dari 1% pada hari Jumat (12/3). Tertekan lonjakan imbal hasil US Treasury dan penguatan dolar, menyeret menuju level terendah sembilan bulan awal pekan ini.

Melansir Reuters pukul 22.25 WIB, harga emas spot turun 1,1% menjadi US$ 1.703,15 per ons troi. Sedangkan harga eEmas berjangka AS turun 1,2% menjadi US$ 1.701,70.

“Suku bunga telah merosot selama beberapa hari terakhir sebagai akibat dari tekanan singkat di pasar Treasury. Sekarang dengan suku bunga segera naik kembali ke 1,6% yang penting secara psikologis membebani kondisi keuangan secara luas,” kata analis komoditas TD Securities Daniel Ghali.

loading...

“Dolar juga terkait dengan bayang-bayang kenaikan suku bunga. Jadi, dalam konteks ini jelas bukan lingkungan di mana arus investasi cenderung bergerak ke arah emas,” kata Ghali.

Tolok ukur imbal hasil US Treasury naik kembali ke puncak lebih dari satu tahun di atas 1,6% yang dicapai pada 5 Maret, sementara indeks dolar melonjak 0,5%.

Harga emas turun ke level terendah sejak Juni pada US$ 1.676,10 pada hari Senin, dengan harga turun hampir 10% sepanjang tahun ini.

Meskipun emas secara luas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi tinggi yang diantisipasi akan didorong oleh langkah-langkah stimulus, rebound dalam imbal hasil telah menantang status tersebut tahun ini.

Presiden Joe Biden pada hari Kamis menandatangani tagihan stimulus US$ 1,9 triliun menjadi undang-undang dan mengatakan dia sedang bekerja untuk membawa Amerika Serikat lebih dekat ke keadaan normal pada 4 Juli.

“Untuk saat ini, emas tetap terjebak dalam tren turun dengan dukungan utama menjadi area penting antara US$ 1.670 dan US$ 1.690 sementara pembeli potensial tidak terburu-buru untuk memasuki posisi beli sebelum berhasil mendapatkan kembali US$ 1.765 per ons troi, “analis Saxo Bank Ole Hansen mengatakan dalam sebuah catatan.

Di tempat lain, harga perak turun 1,9% menjadi US$ 25,58 per ons troi, tetapi berada di jalur untuk kenaikan mingguan pertamanya dalam empat minggu. Palladium naik 0,9% menjadi US$ 2.365,03. Harga platinum kehilangan 0,8% menjadi US$ 1,185.55 per ons troi, tetapi naik 4,6% untuk minggu ini.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *