Connect with us

Kuliner

Gule Bulung Gadung, Kuliner Unik Khas Mandailing Natal

Published

on

Share

Reportersatu, Gule Bulung Gadung adalah masakan yang berasal Tapanuli Selatan, tepatnya makanan khas masyarakat Suku Mandailing. Gule artinya Gulai, sedangkan Bulung Gadung artinya daun singkong. Warnanya hijau dan baunya yang sedap membuat perut kita serasa tergelitik saat menyantapnya.

Uniknya, walaupun dihidangkan setiap hari, namun lidah kita tidak pernah bosan dan ketagihan ingin mencicipinya lagi dan lagi. Masakan ini mempunyai rasa yang berbeda dengan daerah lain. Hal yang membuat cita rasanya berbeda karena ditambahkan Rimbang.

loading...

Baca Juga : Mie Kangkung, Sensasi Menyantap Mie Yang Beda Dari Biasanya

Bagi anda yang ingin atau sedang melancong ke Sumatera Utara, jangan lupa untuk menikmati lauk yang satu ini. Jika orang Minang dengan bangga menyebutkan masakan paling enak adalah Rendang, maka masakan paling enak orang Mandailing adalah Gule Bulung Gadung.

Sayur daun tumbuk ini diyakini dapat menambah nafsu makan meskipun dengan lauk alakadarnya. Selain bahan baku mudah didapat, cara memasaknya pun tidak sulit. daun yang sudah dipetik dari tangkainya, dicampur dengan berbagai bahan lain seperti rimbang atau cempokak, bawang merah, batang serai serta santan kelapa.

Untuk menambah lezat dan harum pada sayur daun ubi tumbuk, biasanya juga ditambahkan kincung atau kecombrang. Selanjutnya bahan bahan tadi ditumbuk dengan menggunakan lesung tradisional sampai agak kasar.

Selanjutnya menunggu daun singkong dan bahan lain selesai ditumbuh, didihkan santan kelapa dalam wajan dengan api sedang. Daun singkong yang sudah ditumbuk dimasukkan ke dalam santan yang mendidih. Biarkan selama 30 menit hingga warna kuah santan menjadi kehijauan.

Sayur daun ubi tumpuk pun siap disantap. Biasanya sayur ini dimakan dengan nasi putih hangat. Makan daun ubi tumbuk meski dengan laut seadanya, diyakini pasti lezat dan lahap disantap.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *