Connect with us

Nusantara

Gubernur Jateng Perintahkan Mikro Lockdown 13 Daerah Zona Merah

Published

on

Share

Reportersatu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memerintahkan seluruh Kabupaten/Kota zona merah melakukan mikro lockdown menyusul peningkatan kasus Covid-19.

Diketahui sebanyak 13 kabupaten/kota di Jawa Tengah ditetapkan sebagai zona merah penyebaran virus corona (Covid-19). Jumlah tersebut bertambah dari yang sebelumnya hanya 8 daerah.

Daerah berstatus zona merah Covid-19 antara lain Kudus, Demak, Grobogan, Pati, Jepara, Blora, Pekalongan, Brebes, Tegal, Sragen, Wonogiri, Kabupaten Semarang, serta Kota Semarang.

loading...

“Kabupaten-Kota tidak perlu ragu, bila ada daerah tingkat epidemilogisnya tinggi, langsung kunci,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai mengikuti Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 di kantornya, Senin (21/6/21).

Baca Juga : Antisipasi Penyebaran, Pemerintah Semarang Tutup Tempat Hiburan

Ganjar meminta kepada kepala daerah di wilayahnya untuk tegas menutup tempat yang bisa memicu kerumunan. Menurutnya, para kepala daerah juga bisa menerapkan lockdown mikro jika ditemukan satu kasus Covid-19 di wilayah tersebut.

“Ada satu kasus, lockdown mikro satu area itu. Harus punya konsensus, satu keputusan politik yang sama. Pengetatan harus dilakukan, mikro zonasinya kita pelototin,” ujarnya.

Meski keberadaan zona merah terus meluas dan pasien membludak, Ganjar membantah fasilitas kesehatan (faskes) di wilayahnya kolaps. Ia mengaku sudah menambah tempat tidur untuk perawatan hingga isolasi.

“Alhamdulillah laporan kita sampai ke pusat, Jawa Tengah tempat tidur isolasinya bisa nambah sampai 40 persen, sampai 3 ribuan. Saat ini yang jelas, kita memang sedang tidak baik-baik saja”, ujarnya.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *