Connect with us

Wisata

Grand Prismatic Spring, Sumber Air Panas Terbesar di Amerika Serikat

Published

on

Share

Reportersatu, Grand Prismatic Spring adalah sebuah mata air panas yang bersumber dari saluran vulkanik Yellowstone. Di Yellowstone, banyak mata air panas yang keluar dari permukaan tanah. Menurut City Data, sumber air panas ini pertama kali ditemukan oleh para penjelajah Eropa pada tahun 1839.

Mata air itu membentuk geiser yang menyembur ke atas, kecuali Grand Prismatic Spring. Grand Prismatic Spring membentuk sebuah kolam yang besar.

loading...

Uniknya, air panas di kolam itu membentuk cincin-cincin cerah berwarna oranye, kuning, dan hijau yang melingkari perairan biru.

Baca Juga : Wisata Tidur Sawah Langkat Tempat Camping Nyaman di Tengah Sawah

Nah, karena airnya berwarna-warni itulah, maka kolam air panas ini dinamai The Grand Prismatic Spring. Artinya mata air panas yang hebat yang berwarna seperti pelangi.

Warna-warni pada air panas itu didapat dari berbagai spesies thermophile bacteria atau bakteri yang tahan hidup di air panas.

The Grand Prismatic Spring merupakan sumber air panas terbesar di Amerika Serikat dan terbesar ketiga di dunia setelah Frying Pan Lake di Selandia Baru dan Boiling Lake di Dominika.

Grand Prismatic Spring memiliki luas yang berkisar antara 250 sampai 300 kaki. Kedalamannya mencapai 160 kaki. Setiap tahun sumber air panas tersebut akan melepaskan setidaknya 560 galon air panas bersuhu 71 celsius derajat setiap menit.

Karena suhunya yang sangat tinggi, pengunjung tidak bisa mendekati danau tersebut, apalagi berenang di dalamnya. Jadi mereka hanya bisa menikmati keindahan Grand Prismatic Spring dari jalan setapak yang dibangun di sebelahnya atau dari atas bukit kecil yang dikelilingi pohon-pohonn pinus.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *