Connect with us

Internasional

Gencar Beritakan Demo, Junta Militer Myanmar Cabut Izin Siar 5 Media

Published

on

Share

Reportersatu, Rajin beritakan gelombang demonstrasi menentang Kudeta, Junta militer Myanmar mencabut surat izin siar lima media massa independen. lima media massa independen Myanmar yang diberedel oleh rezim militer adalah Mizzima, Myanmar Now, 7-Day, DVB dan Khit Thit Media di lansir dari Reuters, Selasa (9/3/21).

Menurut siaran stasiun televisi pemerintah Myanmar, MRTV, kelima media massa itu gencar memberitakan readyviewed aksi unjuk rasa menentang kudeta yang sudah berjalan lebih dari satu bulan.

Secara terpisah, Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing, menyatakan mereka berhasil menyita sejumlah dokumen rahasia tentang informasi perekonomian negara dari seorang warga Australia, Sean Turnell, yang ditahan pada 6 Februari lalu.

loading...

Baca Juga : Presiden AS Tunjuk 2 Jenderal Wanita Pimpin Komando Militer

Sean adalah penasihat ekonomi untuk mantan Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri Myanmar, Aung San Suu Kyi. Suu Kyi digulingkan dari kekuasaan dan ditangkap dalam kudeta pada 1 Februari lalu.

“Upaya penasihat ekonomi pemerintah dari luar negeri, Sean Turnell, untuk meninggalkan negara ini berhasil dihentikan tepat waktu dan rahasia negara tentang keuangan ditemukan di antara barang bawaannya. Para menteri saat ini sedang mempersiapkan langkah hukum berkaitan dengan peristiwa itu,” demikian laporan MRTV yang mengutip pernyataan Min.

Dalam unjuk rasa pada Senin (9/3), dua demonstran di kota Myitkyina tewas akibat luka tembak di kepala. Aksi unjuk rasa menentang kudeta itu sudah menelan lebih dari 30 korban jiwa. Sampai saat ini belum nampak gelombang protes bakal surut.

Sejumlah negara hingga Perserikatan Bangsa-Bangsa mengecam kekerasan yang dilakukan aparat keamanan Myanmar terhadap demonstran hingga jatuh korban jiwa.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *