Connect with us

Peristiwa

Gempa Malang Hancurkan Ratusan Rumah dan Fasilitas Umum

Published

on

Share

Reportersatu, Gempa dengan magnitudo 6,1 yang terjadi pada Sabtu siang (10/4/21) yang getarannya di rasakan hingga ke Jawa Tengah dan Bali, telah menyebabkan kerusakan ratusan rumah warga dan fasilitas umum di sejumlah wilayah di Provinsi Jawa Timur.

Informasi tersebut diperoleh dari video-video yang beredar di media sosial. Sejumlah video itu diunggah para netizen yang mengaku merasakan langsung dampak gempa bumi di Kabupaten Malang ini.

loading...

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Karangkates, Ma’muri menyampaikan, pihaknya saat ini sedang mendata rumah-rumah warga yang rusak akibat gempa tersebut.

Baca Juga : BMKG Keluarkan Peringatan Dini Waspada Cuaca Ekstrem di Jatim Pasca Gempa

“Sementara ini masih mendata informasi beberapa rumah retak di Turen (Kabupaten Malang), di Lumajang juga ada plester yang lepas. Sementara info itu, kami masih koordinasi dengan BPBD terkait kerusakan,” kata Ma’muri.

Ma’muri menjelaskan, gempa ini berpusat di kedalaman 25 kilometer (km). Lebih tepatnya di wilayah 90 km arah barat daya Kabupaten Malang. Gempa ini termasuk dangkal karena berada di kedalaman 25 km dengan magnitudo di bawah tujuh sehingga tidak berpotensi tsunami.

Karena termasuk gempa dangkal, maka getarannya terasa cukup kuat. Bahkan, getarannya menyebar cukup jauh di wilayah selatan Jawa. Namun kekuatan gempa di setiap daerah memiliki data yang berbeda.

“Jadi mungkin cukup kuat daerah Malang namun di Surabaya dirasakan III MMI, di Malang III – IV MMI. Terus sampai Bali III MMI, di Jombang itu III MMI. Rata-rata III MMI karena gempanya dangkal, penyebaran getarannya cukup merata,” ujarnya.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *