Connect with us

Kuliner

Fakta Menarik Naengmyeon, Mie Dingin Khas Korea

Published

on

Thumbnail1 2 (1)
Share

Reportersatu, Bagi pecinta K-pop dan drama Korea tentu tidak asing dengan nama “naengmyeon”. Naengmyeon merupakan salah satu sajian makanan berbahan mie yang populer di Korea. Seperti ramyun, jajangmyeon, serta kalguksu.

Berbeda dari yang lain naengmyeon ini lebih banyak dijumpai saat musim panas, karena makanan ini harus disajikan dalam keadaan dingin. Berikut fakta menarik tentang naengmyeon, diantaranya :

1. Naengmyeon Punya Dua Jenis

Fakta yang pertama adalah naengmyeon ini punya dua jenis yang berbeda. Selama ini kita hanya mengetahui satu jenis naengmyeon saja, tapi ternyata jenisnya ada dua, yakni mul naengmyeon yang disajikan bersama dengan kuah kaldu sapi atau kuah kimchi lobak bening sehingga cita rasanya segar.

Sedangkan jenis yang satunya lagi adalah bibim naengmyeon yang tidak ada kuahnya. Bibim naengmyeon ini disajikan dengan saus cabai merah sehingga cita rasanya cenderung pedas. Untuk mul naengmyeon dibuat dari bahan utama gandum, sementara untuk bibim naengmyeon dibuat dari bahan dasar tepung ubi atau jagung sehingga teksturnya lebih tipis dan chewy.

2. Penamaan Jenis Naengmyeon Berkaitan dengan Sejarah

Ternyata usut punya usut, penamaan kedua jenis naengmyeon ini ada kaitannya dengan sejarah masa lalu Korea. Mul naengmyeon awalnya punya nama lain Pyeongyang naengmyeon, sedangkan bibim naengmyeon punya nama lain Hamheung naengmyeon. Pyeongyang dan Hamheung ini ternyata adalah dua kota yang ada di Korea Utara.

Pada saat terjadinya perang saudara antara dua negara bagian tersebut, tentara Korea Utara pergi meninggalkan negaranya menuju Korea Selatan dan bermukim di sana sehingga masyarakat Korea Selatan pun akhirnya mengenal naengmyeon.

3. Pembuatan Kaldu Jadi Kunci Utama

Kunci kelezatan dari naengmyeon ternyata tidak hanya terletak dari segi mie yang digunakan, tetapi dari kuah kaldu yang digunakan. Bibim naengmyeon dan mul naengmyeon dimasak dengan menggunakan kaldu daging dan kimchi yang sudah dimasak dalam waktu berjam-jam lalu didiamkan dalam kulkas selama 4-5 jam. Dengan begitu cita rasa mie yang disajikan menjadi lebih kenyal dan berbumbu.

4. Menggunakan Es Batu dalam Penyajiannya

Fakta unik yang mungkin bagi masyarakia akan terdengar aneh. Baik itu mul naengmyeon maupun bibim naengmyeon, keduanya sama-sama disajikan bersama dengan es batu. Fungsi es batu itu sendiri untuk mendapatkan sensasi dingin saat dimakan.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *