Connect with us

Internasional

Evakuasi 68 WNI di Yokohama Jepang Siapkan Kapal Diamond Princess

Published

on

Evakuasi 68 Wni Di Yokohama Jepang Siapkan Kapal Diamond Princess
Share

Reportersatu, Pemerintah akan mengevakuasi 68 WNI di Yokohama Jepang dengan menggunakan pesawat kapal Diamond Princess . Namun, pemerintah belum memastikan waktu penjemputan serta pesawat apa yang akan digunakan. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjid Effendy di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

“Pemerintah akan mengevakuasi warga negara Indonesia anak buah kapal Diamond Princess yang bersandar di Yokohama, yang untuk sementara jumlahnya 68 orang, dengan pesawat,” ujar Muhadjir.

loading...

“Ini yang penting dengan pesawat. Evakuasi akan dilakukan setelah ada kesepakatan, ada koordinasi, bukan kesepakatan, dengan pemerintah Jepang mengenai waktunya,” lanjut dia. Muhadjir mengatakan, mulanya ada 78 WNI di Kapal Diamond Princess.

Namun, delapan orang di antaranya terinfeksi virus corona sehingga harus dirawat di Jepang. Sedangkan dua WNI sisanya memilih untuk tetap tinggal di Jepang. Keduanya dinyatakan sehat.

Pemerintah Akan Mengevakuasi 68 WNI di Yokohama Jepang, Istana Minta WNI di Kapal Diamond Princess Bersabar Hal senada disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang juga ditemui di Kantor Kemenko PMK.

Ia mengatakan evakuasi bukan paksaan sehingga WNI di Kapal Diamond Princess berhak memilih tetap tinggal di Jepang. “Sekali lagi evakuasi ini sifatnya sukarela. Sehingga kalau ada warga negara kita yang menyatakan atau memutuskan untuk tinggal, maka kita tidak bisa memaksa beliau-beliau untuk dievakuasi,” kata Retno.

WNI di Kapal Diamond Princess Belum Dievakuasi, Pemerintah Jangan Didesak-desak Sebelumnya kepastian evakuasi WNI di Kapal Diamond Princess masih dibicarakan antara pemerintah Indonesia dan Jepang


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *