Connect with us

Kuliner

Espreso, Minuman Cepat Saji Cocok Untuk Para Pekerja

Published

on

667852605 (1)
Share

Reportersatu, Espreso adalah minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi.

Espresso berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau “cepat” karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan.

Di dalam espreso terdapat lebih dari enam ratus komponen zat kimia termasuk diantaranya gula, kafeina, protein, emulsi dari minyak kopi, koloid, dan partikel kopi dalam suspensi dengan gelembung gas kecil.

Baca Juga : Wedang Uwuh, Red Wine Khas Jawa Minuman Para Raja

Kopi espresso dikenal sebagai kopi yang pekat –berwarna hitam serta bertekstur kental. Konon, orang Amerika takut untuk mencoba rasa kopi espresso karena rasa pahitnya yang begitu pekat di lidah.

Rasa kopi murni tanpa campuran apa pun membuat rasa espresso semakin kuat. Untuk menghasilkan rasa espresso seperti itu, penyajiannya tak sembarangan. Biji kopi yang telah dihaluskan lalu di-brew dengan menggunakan mesin espresso. Proses ekstraksi hanya dilakukan selama 25 detik.

Penyajiannya pun tidak dengan cangkir besar, melainkan menggunakan cangkir kecil atau yang disebut dengan shot. Ada empat jenis takaran porsi untuk mengonsumsi espresso, yakni ristretto, single shot, lungo, dan double shot.

Ristretto adalah takaran 3/4 ons dari ekstraksi pertama saat pembuatan. Takaran ini dikatakan paling sempurna untuk proses pembuatan espresso. Single shot adalah espresso yang terdiri atas 1 ons ekstraksi biji kopi.

Lungo, biasanya dikenal dengan long shot, sedikit lebih banyak dari single shot yaitu dengan menambahkan 1/2 ons. Terakhir double shot menggunakan takaran 2 ons. Namun, terkadang bukan hanya 2 ons yang digunakan, namun dua kali jumlah kopi pada penyaringan.


Share
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *