Connect with us

Kuliner

Es Teler, Minuman Khas Sukoharjo Yang Menggoyang Lidah

Published

on

E47847ed66e42e8cca5b7b9350da49d0 (1)
Share

Reportersatu, Es teler merupakan minuman asli dari Jawa Tengah, Indonesia. Asal mula atau sejarah ternyata dari Kabupaten Sukoharjo. Pada tahun 1957, minuman ini muncul karena di temukan oleh Hj.Samijem Darmo Putro (Ibunda Tukiman Darmowijono), warga desa Juron, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa tengah.

Hj. Samijem dan Tukiman adalah orang pertama yang menemukannya. “Memang awalnya saya yang menemukan racikan es teler itu. Setelah itu, es teler makin banyak di mana-mana. Saya sengaja tak mematenkannya,” ujarnya.

Demi menopang hidup, keluarga Darmo Putro merantau ke Jakarta sebagai pedagang buah asongan didaerah Menteng, Jakarta Pusat. Dirasa hasil dari berdagang buah kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, keluarga Darmo Putro (Tukiman Darmowijono) lalu berinisiatif untuk menjual es buah. Seiringnya berjalannya waktu, mereka berinovasi dengan mencampurkan buah nangka, kelapa, alpokat, sirup, dan susu. Tanpa diduga, banyak orang yang suka dengan campuran berbagai buah tersebut.

Nama itu diambil dari ungkapan seorang pelanggan yang mengatakan “esnya bikin teler“. Dari ungkapan tersebut es teler dirasa cocok sebagai nama minuman lezat ini.

Bermodalkan keberanian, tekat, dan sedikit uang, keluarga darmo putro lalu membuka warung makan didaerah Cikini, Jakarta Pusat di kawasan metropol Megaria. Rumah makan tersebut diberi nama Es Teler Sari Mulia Asli. Dirumah makan ini, menyediakan juga Ayam Goreng, Bakso, Siomay, dan berbagai aneka minuman. Dan usaha keluarga Darmo Putro berkembang hingga sekarang.

Tak mau dianggap lupa dengan kampung halaman, Keluarga Darmo Putro juga membuka rumah makan di Sukoharjo, di Jl. Raya Veteran No.30. Sebagai destinasi kuliner, pada tahun 2005 Es Teler resmi dijadikan minuman khas Sukoharjo oleh Bambang Riyanto Bupati Sukoharjo yang menjabat waktu itu 2005.

Baca Juga : Perpaduan Legit Durian dan Ketan Putih Dalam Kinca Durian

Resep

Bahan :

1.   Alpukat matang

2.   Nangka matang yang dipotong berbentuk dadu

3.   Daging kelap muda

4.   Sirup gula pandan

5.   Susu kental manis secukupnya

6.   Es serut secukupnya   

Cara membuat :

1.   Potongan alpukat, nangka, dan kelapa muda dimasukkan dalam mangkuk.

2.   Selanjutnya ditambahkan sirup, es serut, dan beri susu kental manis.

3.   Gula pasir, daun pandan, garam, dan air dicampurkan menjadi satu.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *