Connect with us

Kesehatan

Efek Samping Yang Mungkin Terjadi Jika Minum Kopi Saat Haid

Published

on

2703607726
Share

Reportersatu, Bagi kebanyakan wanita penikmat kopi, menstruasi tidak menjadi alasan untuk menghentikan ritual ngopinya. Terlebih, banyak yang bilang juga bahwa minum kopi saat haid bisa membantu meredakan berbagai gejala PMS yang menyebalkan.

Memang, bagi sebagian orang, minum kopi bisa membantu mengatasi masalah sakit kepala selama menstruasi. Namun, kafein pada kopi justru bisa memperparah kram perut dan gejala lainnya.

Jadi, boleh tidak sih, perempuan minum kopi saat menstruasi? Jawabannya memang boleh, jika diminum secukupnya. Adapun batas aman minum kopi menurut sejumlah studi ialah 1-2 cangkir sehari. Perlu Kamu ketahui, kopi mengandung kafein tinggi, di mana secangkir kopi hitam mengandung sekitar 95-200 mg kafein.

loading...

Meski begitu, disadari atau tidak, kafein pasti akan memengaruhi kondisi tubuh saat menstruasi. Terlebih jika Kamu termasuk orang yang sensitif terhadap kopi. Nah, memangnya apa saja sih risiko yang kemungkinan terjadi jika minum kopi saat menstruasi?

1. Memperparah nyeri perut dan sakit kepala
Kafein akan mempersempit pembuluh darah sehingga aliran darah di sekujur tubuh tak lancar. Kondisi ini membuat aliran darah ke otot rahim berkurang. Hal ini mengurangi suplai oksigen ke area tersebut, yang kemudian bisa memperparah rasa sakit dan kram perut. Tak hanya itu, suplai darah beroksigen ke otak pun berkurang sehingga membuat sakit kepalamu lebih parah. Berikut resiko efek samping jika kita minum terlalu banyak kopi pada saat haid :

2. Perut lebih kembung dan tak nyaman
Untuk diketahui, kopi bersifat asam. Lantas minum kopi berisiko membuat perut kembung dan meningkatkan asam lambung. Saat asam lambung naik, sejumlah gangguan pencernaan bisa muncul. Mulai dari sensasi panas di ulu hati, perut terasa penuh, hingga mual. Kondisi ini bisa semakin parah jika Kamu minum kopi saat perut kosong.

3. Memperburuk suasana hati

Selain itu, minum kopi saat menstruasi bisa memengaruhi mood dan membuatmu lebih cemas. Menurut penelitian di Journal of Women’s Health, perempuan yang sering minum kopi saat menstruasi cenderung punya mood yang buruk dan lebih mudah cemas.

4. Memicu insomnia dan kurang istirahat
Adapun kunci penting untuk meringankan gejala PMS dan nyeri haid ialah istirahat cukup. Sayangnya, jika Kamu tetap minum kopi saat menstruasi, efek stimulan kopi yang membuatmu lebih waspada akan membuatmu kesulitan tidur nyenyak sehingga akan memperburuk keluhanmu.

Nah, itu dia efek yang muncul bila Kamu berlebihan minum kopi selama menstruasi. Satu hal yang perlu dipahami, perempuan disarankan untuk mengurangi asupan kafein selama sedang menstruasi.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *