Connect with us

Nasional

DPR Minta Usaha Pencarian dan Evakuasi Awak KRI Nanggala-402 Terus Dilakukan

Published

on

Share

Reportersatu, Ketua DPR Puan Maharani menyatakan pihaknya tetap meminta usaha pencarian dan evakuasi jenazah awak kapal selam KRI Nanggala-402 terus dilakukan demi keluarga para awak kapal.

“Kita tetap harus mencari dan mengevakuasi jenazah awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang sudah dinyatakan tenggelam,” kata Puan, Senin (26/4/21).

Menurutnya, melanjutkan usaha pencarian dan evakuasi jenazah awak kapal selam KRI Nanggala-402 merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan tertinggi untuk keluarga korban dan keluarga besar TNI AL.

loading...

“Sebagai bentuk penghormatan kita maka proses pencarian dan evakuasi korban harus dilakukan seoptimal mungkin,” kata Puan.

Ketua DPP PDI Perjuangan itu juga menganggap upaya pencarian badan kapal harus terus dilakukan demi mendukung upaya analisis penyebab kecelakaan terjadi.

Sebelumnya, Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengumumkan bahwa 53 prajurit yang berada dalam kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan gugur dalam tugasnya. Dia menyampaikan itu pada hari kelima pencarian

Pengumuman disampaikan setelah tim pencari menemukan sejumlah bukti otentik yang menunjukkan KRI Nanggala-402 karam pada kedalaman 838 meter dan badan kapal terbelah jadi tiga bagian.

“Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur. Oleh karena itu, dengan kesedihan yang mendalam selaku panglima TNI saya nyatakan bahwa 53 personel yang on board KRI Nanggala-402 telah gugur,” kata panglima TNI saat jumpa pers di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Minggu (25/4).


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *