Connect with us

Internasional

Donald Trump Umumkan Israel dan Sudan Sepakat Normalisasi Hubungan

Published

on

20201004013340
Share

Reportersatu, Berapa waktu yang lalu Donald Trump mengumumkan, Sudan dan Israel sepakat menormalisasi hubungan. Trump mengumumkan hal ini dari Gedung Oval saat bergabung dalam panggilan telepon bersama Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Kepala Dewan Kedaulatan Sudan Abdel Fattah al-Burhan, dan Perdana Menteri Sudan Abdalla Hamdok.

Berdasarkan pernyataan bersama dari ketiga negara, pemimpin Sudan dan Israel sepakat untuk normalisasi hubungan dan mengakhiri pertikaian antar kedua negara dan sepakat memulai hubungan ekonomi dan perdagangan, dengan fokus awal di bidang pertanian.

“Para pemimpin juga sepakat delegasi akan bertemu dalam beberapa pekan ke depan untuk negosiasi persetujuan kerjasama di bidang tersebut termasuk bidang teknologi pertanian, penerbangan, isu migrasi dan bidang lainnya yang menguntungkan kedua pihak. Para pemimpin juga memutuskan bekerja sama membangun masa depan yang lebih baik dan memajukan perdamaian di wilayah tersebut,” kata pernyataan tersebut, Minggu (25/10).

Netanyahu menyampaikan, delegasi Israel dan Sudan akan segera bertemu untuk memulai pembahasan kerjasama di berbagai bidang, seperti perdagangan dan pertanian.

Dalam serangkaian statusnya di Twitter, Netanyahu mengatakan Sudan sebelumnya adalah musuh Israel karena terlibat dalam perang melawan negaranya.

“Di ibu kota Sudan, Khartoum, Liga Arab mendeklarasikan tiga kata ‘tidak’ untuk Israel; tidak ada perdamaian dengan Israel, tidak ada pengakuan untuk Israel, tidak ada negosiasi dengan Israel,” tulisnya.

“Saya telah sampaikan akan ada lebih banyak negara dan ini adalah negara lainnya (bersepakat normalisasi dengan Israel),” lanjutnya.

Netanyahu menambahkan, setelah Sudah akan ada negara lainnya yang juga akan menormalisasi hubungan dengan Israel. Kesepakatan dengan Sudan menurutnya sebuah perubahan besar yang mengubah situasi.

“Israel saat ini terhubung dengan banyak bagian dunia yang lain, bersyukur pada kebijakan konsisten kita,” pungkasnya.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *