Connect with us

Peristiwa

Diterjang Lahar Merapi, Jalur Pipa Air Warga Kaliuruang Putus

Published

on

Share

Reportersatu, Usai diterjang banjir lahar buntut hujan deras di area puncak Gunung Merapi, Selasa sore kemarin mengakibatkan Jalur pipa air bersih milik warga Padukuhan Kaliurang, Ngepring dan Boyong terputus.

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, lahar hujan ini terjadi di Sungai Boyong pukul 15.13 WIB, Selasa kemarin.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan mengatakan, di Kaliurang dan Boyong terdapat masing-masing dua pipa yang terputus. Sementara di Ngepring ada satu jalur.

Baca Juga : Upaya Antisipasi BMKG Petakan Zona Kerentanan Gempa di Beberapa Wilayah

“Dampaknya jaringan pipa air bersih warga putus,” kata Makwan, Rabu (14//214).

Makwan menyebut sejauh ini baru dua jalur pipa saja yang rampung diperbaiki. Sisanya masih dalam proses.

“Jalur pipa menuju Ngepring sudah diperbaiki dan dinaikkan ke tebing kurang lebih tiga meter. Satu jalur lagi yang ke Boyong juga sudah diperbaiki,” terang Makwan.

Selain memutus jaringan pipa bersih, lahar hujan juga menghanyutkan bronjong yang dipasang untuk menahan lahar hujan. Terhitung, ada 25 set bronjong pengaman jaringan yang hanyut.

“Hilang terbawa banjir,” tutup Makwan.

Aktivitas vulkanik Gunung Merapi belum berhenti sejak beberapa pekan terakhir. Awan panas masih terus keluar. Selain itu, ratusan gempa juga terjadi.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *