Connect with us

Internasional

Dipicu Masalah Ekstradisi, Korut Putus Hubungan Diplomatik Dengan Malaysia

Published

on

Share

Reportersatu, Media milik pemerintah Korea Utara, KCNA, melaporkan pada hari Jumat (19/3), Korea Utara akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia setelah pengadilan di Negeri Jiran memutuskan seorang pria Korea Utara dapat diekstradisi ke Amerika Serikat untuk menghadapi tuduhan pencucian uang.

“Pada 17 Maret, pihak berwenang Malaysia melakukan kejahatan yang tidak dapat diampuni. Mereka dengan secara paksa mengirimkan warga negara yang tidak bersalah (Korea Utara) ke Amerika Serikat,” bunyi pernyataan itu seperti dikutip dari AFP, Jumat (19/3/21).

loading...

“Karena itu, Kementerian Luar Negeri Korea Utara dengan ini mengumumkan pemutusan total hubungan diplomatik dengan Malaysia,” tambah pernyataan itu.

Baca Juga : Barack Obama: Kekerasan Anti-Asia Harus Diakhiri

Selain pemutusan hubungan itu, Korea juga mengecam langkah Malaysia dengan menyatakan tindakan yang diambil Negeri Jiran itu sebagai bentuk permusuhan terhadap Pyongyang.

Sebelumnya Pada 3 Maret, seorang pria Korea Utara bernama Mun Chol Myong  menghadapi tuduhan pencucian uang di Malaysia. Ia dituduh FBI  memimpin kelompok kriminal yang melanggar aturan dengan memasok barang ilegal ke Korea Utara dan mencuci dana melalui perusahaan.

Dia menghadapi empat dakwaan pencucian uang dan dua konspirasi pencucian uang. Tidak jelas apa yang dituduhkan oleh Mun.

Atas kejahatan itu, Amerika meminta Mun diesktradisi ke AS. Di Pengadilan Mun seberanya telah membantah tuduhan FBI itu. 


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *