Connect with us

Nasional

Demi Taman Kota, Setneg Ungkap Tidak Perpanjang Kontrak Golf Kemayoran

Published

on

Share

Reportersatu, Sesuai instruksi dari Presiden Joko Widodo, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyatakan, pihaknya tak akan memperpanjang kontrak lapangan Golf Kemayoran. Pratikno mengatakan akan mengalihfungsikan lapangan golf di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat menjadi taman kota.

Ia melanjutkan, alih fungsi lahan lapangan golf ke taman kota itu dilakukan setelah pihak Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran tidak memperpanjang kontrak lapangan golf.

“Sekali lagi, lapangan golf tentu saja eksklusif, enggak bisa masyarakat masuk. (Lapangan golf) 18 hektare persis di jalan utama itu, kontraknya habis dan kami putuskan untuk tidak diperpanjang,” kata Pratikno di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (21/3/21).

loading...

Baca Juga : Mulai Besok Kemenkes Buka Pendaftaran Vaksinasi Lansia KTP Non-DKI di Hang Jebat

Menurut Pratikno, setelah itu PPK Kemayoran yang berada di bawah Kemensetneg kemudian membuat taman kota terbuka untuk publik di atas lahan tersebut.

“Kami akan buat itu taman kota terbuka untuk publik. Jadi kami sedang menyiapkan. Sekarang yang begitu kontrak selesai, kami sedang membenahi untuk pembenahan danau, karena di sana banyak danau,” ujar Pratikno.

Menurut dia, nantinya di taman kota itu akan tersedia jalur sepeda, pasanf rumput, hingga penanaman vegetasi. Menurutnya, halnini demi menyediakan ruang publik bagi rakyat.

“Tentu saja kami akan tanami vegetasi juga, air akan kami buat lebih bersih. Sekali lagi itulah yang langkah ke depan dan kewajiban negara menyediakan yg baik dan semakin langkah untuk rakyat kita,” jelasnya.

Mengutip laman resmi Setneg, PPK Kemayoran selaku pengelola kawasan bekas bandara internasional memiliki RTH bernama Utan Kemayoran. Kawasan ini terletak di jalan Benyamin Sueb seluas 22,3 hektar.

PPK Kemayoran memprioritaskan pemenuhan edukasi, rekreasi dan konservasi di Utan Kemayoran. Utan Kemayoran meliputi perbaikan dan pembangunan fisik hutan yang sebelumnya pasif.

Utan Kemayoran turut dilengkapi amphitheatre dan floating stage untuk kegiatan pentas seni atau aktivitas komunitas dan masyarakat, viewing tower untuk melihat area dalam hutan dari atas, hingga area pembibitan dan pengolahan sampah kompos.

Tidak hanya itu, fasilitas olahraga jogging track yang sudah ada di Utan Kemayoran pun semakin menambah kenyamanan masyarakat untuk berolahraga.

Guna mengurai kerumunan di satu titik di masa pandemi ini, PPK Kemayoran berinisiatif untuk menyediakan Utan Kemayoran sebagai tempat berkegiatan. Beragam fasilitas yang tersedia dapat digunakan sebagai ruang aktivitas bagi masyarakat maupun komunitas yang ada di Jakarta.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *