Connect with us

Internasional

Darurat Kesehatan Internasional, WHO Kirim Perwakilan Awasi Wabah Ebola di Guinea

Published

on

Share

Reportersatu, Kepala badan kesehatan Guinea, Sakoba Keita mengatakan, negaranya berada dalam epidemi ebola dengan 7 kasus yang dikonfirmasi. Selain itu, negara di Afrika Barat tersebut juga mencatatkan tiga kematian akibat ebola.

Terkait dengan hal ini, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan akan segera mengirim perwakilan sebagai pendamping. WHO telah mengamati wabah baru Ebola sejak 2016. Tindakan terbarunya memberlakukan Republik Demokratik Kongo dengan status darurat kesehatan internasional.

loading...

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mencuit di akun Twitter miliknya, bahwa WHO telah diberitahu ihwal dua kasus yang diduga sebagai penyakit mematikan di Guinea, Minggu (14/2) pagi.

Baca Juga : Joe Biden Tegaskan akan Menutup Penjara Kontroversial Guantanamo

“WHO telah diberitahu tentang dua kasus dugaan Ebola di Guinea-Conakry,” tulisnya.

Ia juga menambahkan pengujian konfirmasi sedang dilakukan. Untuk mencegah penularan, sebanyak 40 ribu orang juga telah divaksin. Saat ini, dilaporkan empat orang di Guinea meninggal dunia akibat terinfeksi penyakit Ebola. Kejadian itu merupakan kasus yang muncul kembali setelah lima tahun Ebola mewabah di negara tersebut.

Empat orang yang meninggal dunia itu berasal dari wilayah tenggara Nzerekore.”Sangat prihatin (dengan kematian itu),” seperti diumumkan Menteri Kesehatan Remy Lamah mengutip AFP.

Wabah yang terjadi pada 2013-2016 membuat pengembangan vaksin dipercepat untuk melawan virus ebola. Sebanyak 500 ribu dosis vaksin sebagai persediaan darurat global untuk merespon wabah di masa depan, jelas aliansi vaksin, Gavi, Januari lalu.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *