Connect with us

Internasional

Dalam Waktu Dekat Korut Akan Uji Coba Rudal Balistik Antar Benua

Published

on

Share

Reportersatu, Kepala Komando Utara militer Amerika Serikat (AS) Glen VanHerck mengatakan, Korea Utara (Korut) kemungkinan akan memulai uji penerbangan dengan desain yang ditingkatkan untuk rudal balistik antarbenua (ICBM) “dalam waktu dekat”. Langkah itu dinilai akan meningkatkan ketegangan antara Pyongyang dan Washington.

“Rezim Korea Utara juga telah mengindikasikan bahwa mereka tidak lagi terikat oleh moratorium pengujian nuklir dan ICBM sepihak yang diumumkan pada tahun 2018, yang menunjukkan bahwa Kim Jong-un dapat memulai pengujian penerbangan dengan desain ICBM yang lebih baik dalam waktu dekat,” ujar VanHerck, dilansir Aljazirah, Rabu (17/3/21). 

loading...

Baca Juga : Israel Temukan Puluhan Potongan Alkitab Yang Berumur 2.000 Tahun

VanHerck mengatakan kepada komite Senat bahwa, ICBM Pyongyang memiliki kemampuan yang lebih besar, sehingga dapat meningkatkan ancaman terhadap AS. Meski begitu, dia menyatakan keyakinannya pada pertahanan rudal AS.

Pernyataan VanHerck muncul ketika Korut meluncurkan ICBM terbesar dalam parade militer pada Oktober lalu. Pemimpin Korut Kim Jong-un sebelumnya telah menyerukan produksi senjata nuklir yang berkelanjutan untuk persenjataannya, serta meluncurkan serangkaian rudal yang lebih kecil. Kim juga menyerukan peluncuran ICBM terbesar yang dimiliki oleh Korut.

Gedung Putih telah melakukan upaya diplomasi kepada Korut namun tidak mendapatkan tanggapan. Pemerintah AS mengatakan, Washington melakukan pendekatan ke Pyongyang dengan cara diplomasi dan denuklirisasi.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *