Connect with us

Kuliner

Creme Brulee, Dessert Krim Gosong dari Perancis

Published

on

25b32304cc8884043e6db26a31b10780 600x400 (1)
Share

Reportersatu, Creme brulee adalah puding klasik dari Perancis. Bahan utama creme brulee adalah susu cair, kuning telur, gula pasir, dan krim kental. Bagian atas dessert ini diberi gula karamel kemudian digosongkan menggunakan torch. Nama creme brulee dalam bahasa Perancis berarti “burnt cream” atau “krim gosong”.

Brulee kini jadi bahan makanan yang ramai jadi perbincangan. Berbagai makanan menambahkan brulee sebagai pelengkap seperti spaghetti dan juga bitterballen.

loading...

Apa sebenarnya itu brulee?

Brulee merupakan krim gosong yang berasal dari Prancis. Krim ini kerap dijadikan sebagai makanan penutup maupun krim tambahan dalam makanan.

Baca Juga : Sejarah Tempura, Kudapan Lezat Yang Ternyata Bukan Asli dari Jepang

Dalam kamus Oxford, krim brulee atau crème brûlée diartikan sebagai makanan penutup dingin atau hidangan manis yang terbuat dari krim, dengan gula gosong di atasnya.

Krim brulee terbuat dari kuning telur atau gula yang diaduk dengan krim panas.

Resep paling awal dari krim brulee pertama kali diketahui terdapat dalam buku masak Cuisinier royal et bourgeois yang ditulis oleh chef Prancis François Massialot pada 1691.

Dalam buku Catalan Cuisine, dessert ini pada abad ke-18 dan 19 tidak terlalu terkenal. Barulah pada tahun 1980-an hampir semua restoran di Prancis menjual makanan ini.

Tak hanya sebagai dessert yang manis, brulee juga berkembang menjadi krim yang gurih. Teknik memasak krim ini sama dengan brulee sebagai dessert. Pada spageti, krim brulee diletakkan di bagian atas. Krim ini juga dibuat gosong pada bagian atas dan lumer di dalam.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *