Connect with us

Internasional

China Gandeng Rusia Bangun Stasiun Riset di Bulan

Published

on

Share

Reportersatu, Rusia dan China berencana membangun stasiun luar angkasa bersama di bulan. Badan antariksa Rusia, Roscosmos mengatakan, mereka telah menandatangani perjanjian dengan Administrasi Luar Angkasa Nasional Cina (CNSA) untuk mengembangkan “kompleks fasilitas penelitian eksperimental yang dibuat di permukaan dan atau di orbit bulan”.

“Cina dan Rusia akan menggunakan penelitian, perkembangan, dan pengalaman luar angkasa mereka dan juga akan menggunakan perlengkapan luar angkasa dan teknologi luar angkasa dalam membuat peta jalan untuk bersama-sama membangun International Lunar Scientific Research Station (ILRS),” ungkap badan luar angkasa Cina, Rabu, (10/3/21)

loading...

Badan luar angkasa Rusia, Roscosmos, menyatakan kedua organisasi berencana untuk mempromosikan kerja sama dalam pembuatan ILRS kepada negara-negara yang tertarik dan juga mitra Internasional lainnya, dengan tujuan memperkuat kooperasi penelitian dan mendorong eksplorasi luar angkasa untuk kepentingan seluruh manusia di bumi.

Baca Juga : Arab Saudi Sebut Serangan Houthi Menyasar Ekonomi Dunia

Pangakalan luar angkasa itu akan menjadi kompleks fasilitas eksperimen dan penelitian yang dibuat di bulan dan/atau mengorbit bulan, menurut dari pernyataan Roscosmos. Fasilitas itu didesain untuk berbagai penelitian multidisiplin, termasuk “percobaan teknologi dengan kemungkinan jangka panjangnya pengoperasian tanpa awak”.

Cina dan Rusia saat ini akan mengerjakan peta jalan untuk keperluan bagaimana desain, perkembangan, dan pengoperasian pangkalan disana nanti. Mereka berencana akan mempresentasikan hasilnya ke komunitas luar angkasa di seluruh dunia, ungkap Roscosmos.

Kedua negara juga telah menandatangani perjanjian untuk bersama-sama membuat data center untuk explorasi bulan dan luar angkasa. Mereka berencana akan melakukannya pada saat Chang’e-7 milik Cina dan Luna 27 milik Rusia melakukan misi luar angkasa di masa mendatang, yang keduanya sama-sama bertujuan untuk mensurvei daerah selatan Bulan.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *