Connect with us

Kesehatan

Cermati 9 Masalah Kulit Yang Perlu Diwaspadai

Published

on

Share

Reportersatu, Kulit merupakan organ penting karena bertugas untuk melindungi bagian dalam tubuh dari dunia luar seperti virus, bakteri, dan mengatur perubahan suhu. Masalah yang terjadi pada kulit ada yang ringan dan tidak membahayakan. Macam macam penyakit kulit yang berbahaya memiliki tanda-tanda diawali dengan timbul bengkak, gatal-gatal, kemerahan dan rasa terbakar hingga dapat mengancam nyawa.

Meskipun umum terjadi, namun terdapat beberapa gangguan kulit yang perlu diwaspadai. Beberapa gangguan kulit mungkin tampak biasa, namun bisa jadi kondisi tersebut bisa menjadi tanda atau gejala dari suatu penyakit serius. Misalnya seperti penyakit diabetes, PCOS, hingga penyakit leukemia dan limfoma.

Dengan mengetahui berbagai macam gangguan kulit dan gejalanya yang sering muncul, akan memudahkan Anda untuk mendeteksi lebih cepat ketika terjadi sesuatu yang buruk pada tubuh. Sehingga Anda bisa segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat guna meminimalisir kondisi serius yang dapat terjadi.

Berikut ini rangkuman beberapa gangguan kulit yang perlu diperhatikan dan diwaspadai.

Munculnya Daging Tumbuh

Gangguan kulit yang perlu diwaspadai sebagai yang pertama adalah munculnya daging tumbuh pada kulit. Daging tumbuh yang muncul di permukaan kulit bisa menjadi tanda penyakit diabetes tipe 2.

Hal ini tidak lain disebabkan oleh faktor meningkatkan insulin 1, yaitu senyawa protein dalam tubuh yang terlibat dalam merangsang pertumbuhan kulit. Selain itu, gejala ini juga bisa disertai dengan gejala lain seperti rasa haus yang meningkat, penyembuhan luka yang lambat, serta sering merasa lapar.

loading...

Jerawat

Gangguan kulit yang bisa menjadi tanda suatu penyakit berikutnya adalah jerawat. Munculnya jerawat pada kulit memang suatu hal yang normal terjadi, termasuk pada perempuan menjelang siklus menstruasinya.

Namun munculnya jerawat bisa menjadi gejala dari sindrom ovarium polikistik (PCOS). Hal ini terjadi ketika tubuh wanita memiliki kelebihan hormon pria atau hormon androgen, sehingga sering kali menyebabkan peningkatan jerawat.

Gejala ini semakin jelas, ketika munculnya jerawat bersamaan dengan kondisi menstruasi yang tidak teratur.

Ruam

Ruam juga termasuk salah satu bentuk gangguan kulit yang sering muncul namun perlu diwaspadai. Terlebih ketika, Anda mengalami gejala ruam yang aneh setelah terkena gigitan kutu. Terdapat lima jenis penyakit yang menyebabkan ruam kulit.

Mulai dari Lyme dan STARI, atau penyakit ruam terkait kutu, hingga bintik-bintik merah muda kecil yang menghiasi pergelangan tangan, lengan bawah, dan pergelangan kaki yang berhubungan dengan demam berbintik Rocky Mountain.

Waspadai perubahan kulit seperti ini jika Anda melakukan aktivitas berkemah, hiking, atau menghabiskan waktu di luar ruangan di area yang kemungkinan banyak terdapat kutu.

Kulit Gatal-Gatal

Gangguan kulit yang perlu diwaspadai berikutnya yaitu kulit gatal-gatal. Kondisi kulit kering dan gatal-gatak memang sering terjadi ketika musim dingin.

Namun jika telah menggunakan pelembap dan tidak menghasilkan perubahan baik, bisa jadi ini merupakan suatu tanda dari penyakit serius. Gejala kulit gatal-gatal ini bisa disebabkan oleh penyakit kanker seperti leukemia dan limfoma, serta penyakit hati dan ginjal.

Rasa gatal ini dapat berkembang menjadi lebih parah dan sering datang di malam hari hingga kualitas tidur menjadi terganggu.

Bintik Biru pada Wajah

Bintik biru pada wajah juga salah satu gangguan kulit yang perlu diwaspadai. Munculnya bintik biru pada wajah selama beberapa minggu atau bulan pertama bisa menjadi salah satu tanda dari kanker kulit.

Bintik biru ini tidak akan bertahan lebih lama dan terus tumbuh. Jika Anda mengalami gejala ini, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi yang ada.

Dengan begitu, dokter akan memberikan penanganan dan obat yang tepat untuk membantu proses penyembuhan.

Benjolan Merah Lembut di Bawah Kulit

Gangguan kulit yang bisa menjadi tanda suatu penyakit selanjutnya dapat berupa benjolan merah lembut di bawah kulit. Gejala ini diketahui merupakan salah satu gejala dari penyakit radang usus.

Misalnya seperti jerawat nodul di kaki, tepatnya berada di bawah permukaan kulit sehingga membentuk benjolan merah akibat peradangan. Gejala ini disebut juga dengan eritema nodosum yang muncul selama gejala meningkat. Meskipun terdengar menakutkan, namun gejala ini ternyata tidak berbahaya.

Berkeringat dan Kemerahan

Berkeringat dan kemerahan juga termasuk gejala gangguan kulit yang tidak bisa dianggap remeh. Orang yang memiliki penyakit hipertiroidisme, biasanya mengalami gejala ini. Di mana tubuh mengalami metabolisme yang meningkat sehingga sering merasakan panas dan kulit memerah.

Kondisi ini menandakan adanya disfungsi tiroid pada tubuh. Selain sering berkeringat dan kulit kemerahan, penyakit ini juga disertai dengan gejala lain seperti penurunan berat badan dan kesulitan tidur.

Kaki Bagian Bawah Bengkak dan Merah

Gangguan kulit yang perlu diwaspadai juga berupa pembengkakan pada bagian bawah kaki disertai dengan warna kemerahan. Kondisi ini menjadi salah satu gejala dari penyakit jantung. Orang yang menderita gagal jantung kongetif, menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk menjaga darah dan tetap bergerak melawan gravitasi akibatnya darah bisa menggenang di kaki.

Selain itu, penyakit ini juga ditandai dengan munculnya garis setelah Anda melepas kaus kaki. Jika beberapa gejala ini terjadi pada Anda kemungkinan ini merupakan tanda-tanda dari penyakit gagal jantung. Namun Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi dengan tepat dan akurat.

Benjolan Kuning di Bawah Kulit

Gangguan kulit yang perlu diwaspadai terakhir yaitu munculnya benjolan kuning di bawah kulit. Jika muncul benjolan kuning di bagian persendian, tangan, kaki, dan glutes, ini merupakan suatu kondisi di mana terjadi penumpukan lemak di bawah kulit.

Benjolan ini bisa menjadi tanda dari meningkatnya kolesterol atau kondisi lemak darah yang terlalu tinggi. Selain itu beberapa gejala ini juga dapat mengindikasikan diabetes, pankreatitis, dan bahkan beberapa jenis kanker.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *