Connect with us

Nasional

Cegah Covis-19, Dirlantas PMJ Semprotkan Disinfektan Ratusan Unit Operasional

Published

on

Cegah Covis 19, Dirlantas Pmj Semprotkan Disinfektan Ratusan Unit Operasional
Share

Reportersatu, Antisipasi terpapar corona virus saat melayani lalu lintas terhadap masyarakat, ratusan unit kendaraan operasional Lalu Lintas Polda Metro Jaya disemprotkan dengan cairan disinfektan.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol, Sambodo mengatakan, hari ini kita hadirkan sebanyak 350 kendaraan, yang terdiri dari 150 unit kendaraan roda dua, dan 200 unit untuk kendaraan roda empat, baik yang operasional di bidang vertikal atas, maupun kendaraan operasional dalam pelayanan masyarakat.

Baca Juga : DPR Minta Pemerintah Agar Segera Stop Izin Ekspor Konsentrat Tambang

“Tujuannya, untuk mencegah penyebaran virus korona ini baik kepada anggota yang mengawasi kendaraan itu, maupun terhadap masyarakat yang dilayani oleh kendaraan,” kata Dirlantas PMJ, Kombes Sambodo, di Mapolda Metro Jaya, Sabtu, (28/03).

loading...

Kegiatan penyemprotan cairan disinfektan ini lanjut Sambodo, akan dilakukan secara rutin dan diatur secara periodik oleh pihaknya.

“Dengan cara seperti ini anggota maupun masyarakat yang dilayani oleh pihak kepolisian bisa terhindar dari penyakit, dan menekan angka penyebaran corona virus (Covid-19),” terangnya.

Selain itu, Sambodo juga menginstruksikan kepada seluruh jajarannya, untuk mengurangi penindakan dengan menggunakan tilang atau razia.

“Penilangan itu hanya dilakukan bagi pelanggaran pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas yang  berdampak fatal,” paparnya.

Bahkan, dalam penindakan penilangan terhadap pelanggar lalu lintas disaat maraknya wabah corona virus itu, kata Sambodo, petugas lebih mengutamakan penilangan dengan menggunakan F3.

“Dengan digunakan penilangan seperti itu, lebih aman bagi petugas, dan juga untuk masyarakat,” tambahnya.

Baca Juga : Wabah Corona, Pemerintah Bekukan Visa Kunjungan Selama 1 Bulan

Selain itu, pria yang memangku tiga bunga melati itu, juga melarang adanya razia, dalam rangka mengurangi kemungkinan resiko terjadinya penyebaran virus corona itu.

Sementara untuk pelayanan masyarakat, seperti, pembayaran pajak kendaraan di samsat, pembuatan SIM baru dan sebagainya termasuk juga pengurusan BPKB tentunya juga ada protokol yang sama.

Oleh karena itu, setiap masyarakat yang masuk ke area pelayanan, pertama kali dia akan masuk ke disinfektan Chamber yang sudah disiapkan di setiap pelayanan dan mengukur suhu tubuhnya. 

Jika suhu tubuhnya pemohon mencapai 38, maka pemohon, tidak diperkenankan masuk ke ruang pelayanan. Disitu, kita sudah siapkan petugas khusus yang akan menguruskan surat-suratnya dengan menggunakan peralatan yang lengkap.

Baca Juga : Pemprov DKI Tiadakan PTSP disetiap Kelurahan

“Wajib menggunakan masker kemudian wajib menggunakan Hand sanitizer yang memang sudah disiapkan secara gratis masuk juga. Mulai kemarin kita sudah siapkan tempat cuci tangan portable kemudian juga tentu saja ada fisik lebih penting antrian di depan loket maupun jarak antara masyarakat di dalam ruangan maupun jarak antara masyarakat dengan petugas loket,” tutupnya. (Gomes)


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *