Connect with us

Nusantara

Cegah Covid-19, Pendatang Baru Sumba Barat Wajib Lapor

Published

on

Cegah Covid-19, Pendatang Baru Sumba Barat Wajib Lapor
Share

Reportersatu, Sekretaris tim gugus tugas percepatan penanganan virus korona tingkat Kabupaten Sumba Barat, Yanis Lublau, mewawancarai setiap orang yang baru tiba di Sumba Barat dari daerah luar Sumba wajib melapor diri untuk lurah atau kepala desa agar cepat tindakan medis demi mencegah virus menularnya menghentikan covid-19 di Sumba Barat.

Baca Juga : KCIC Relokasi Sutet hingga Sungai untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Pasalnya, liburan di sekolah, kuliah dan perkantoran di Sumba Barat yang bisa diakses di Sumba memilih pulang kampung. Pergerakan manusia seperti itu mengaktifkan menularnya virus corona (covid-19) di daerah itu.

loading...

Sekretaris Tim Gugus Tugas Percepatan Penyelesaian Virus Kabupaten Sumba Barat yang juga merupakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Yanis Lubalu menyampaikan hal itu di posko penanganan virus corona di Dinas Kesehatan Sumba Barat, Jumat (27/3/2020).

Menurutnya, pihaknya telah meminta para camat, lurah dan kepala desa untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar proaktif memberi laporan jika ada warga baru datang di wilayahnya.

Para camat dan kepala desa harus proaktif turun lapangan menghimbau masyarakat mengubah pola hidup sehat, tidak boleh pergi keluar daerah dan memilih beraktivitas di rumah, melapor jika warga baru tiba di kampungnya dan tidak boleh hanya menunggu laporan masyarakat. Hal itu karena kepala desa lurah dan camat yang paling memahami kondisi rakyatnya.

Baca Juga : Pemakaman Empat Prajurit TNI AD Korban Kecelakaan Helikopter Mi-17

Selain itu, melalui tim gugus tugas pula akan melakukan patroli keliling kota hingga kecamatan dan melakukan koling menghimbau warga mentaati himbuan pemerintah agar sementara waktu tersedia di rumah saja.

Dalam kesempatan itu, ia menambah, satpol pp terus bekerja melakukan patroli keliling guna menertibkan kerumunan warga dan anak-anak sekolah yang berkeliaran di luar rumah. Semua itu dilakukan guna memastikan anak-anak berada di rumah.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *