Connect with us

Nasional

Cegah Corona Pemerintah Hapus Cukai Etil Alkohol Untuk Hand Sanitizer

Published

on

2193968927
Share

Reportersatu, Beacukai membebaskan cukai etil alkohol untuk bahan baku pembuatan hand sanitizer, surface sanitizer, dan antiseptik.

Pembebasan cukai itu juga untuk memudahkan masyarakat yang berinisiatif membuat antiseptik secara mandiri di tengah kelangkaan produk keluaran produsen.

“Kita sudah terbitkan surat edaran (SE) guidance impor etil alkohol untuk pembuatan hand sanitizer. Sekarang kan banyak masyarakat yang inisiatif membuat antiseptik, hand sanitizer sendiri,” ujar Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi dalam video conference.

loading...

Dia melanjutkan, produsen maupun tempat penyimpanan etil alkohol dapat mengajukan permohonan pembebasan cukai berdasarkan pemesanan dari instansi pemerintah dan organisasi nonpemerintah yang terkait dengan penanganan covid-19.

“Jika pemesanan dilakukan instansi pemerintah, cukup dengan surat pernyataan dari pimpinan instansi bersangkutan yang menyatakan etil alkohol tersebut akan digunakan untuk pencegahan dan penanggulangan covid-19,” jelasnya.

Sebaliknya, jika pemesanan dilakukan organisasi nonpemerintah, pemohon wajib menyertakan surat rekomendasi dari instansi pemerintah yang menangani penanggulangan virus corona.

Tata cara pemberian pembebasan cukai etil alkohol tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 172/PMK.04/2019 dan Keputusan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor 43/BC/2017.

Heru menambahkan, untuk memastikan kebijakan ini efektif, pihaknya melakukan percepatan pelayanan dan bimbingan teknis terkait pembebasan cukai untuk penanggulangan covid-19.

“Jajaran kami akan melakukan percepatan pelayanan dan bimbingan teknis terkait pembebasan cukai etil alkohol untuk tujuan sosial. Produk ini menjadi bahan baku atau bahan penolong untuk hand sanitizer, surface sanitizer, antiseptik, dan sejenisnya,” tambahnya.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *