Connect with us

Kesehatan

Cara Mudah Mengurangi Pigmen Hitam di Wajah Secara Alami

Published

on

Rb44j8gglpgytqs9cthc (1)
Share

Reportersatu, Produksi melanin berlebihan yang ada di wajah dapat menyebabkan adanya pigmen hitam di wajah atau yang biasa disebut dengan hiperpigmentasi. Beberapa timbulnya pigmen hitam di wajah nantinya akan membentuk flek di wajah yang disebut dengan flek hitam.

Bagi para wanita, masalah ini menjadi masalah yang serius karena dengan adanya pigmentasi ini dapat mengganggu penampilan di wajah. Maka dari itu, banyak orang rela melakukan apa saja demi untuk menghilangkan pigmen hitam ini.

Baca Juga : Awali Pagi Dengan Sarapan, Ini 6 Manfaatnya Bagi Tubuh

Cara mengurangi pigmen hitam di wajah tentunya membutuhkan perlakuan khusus karena pada area wajah juga terdapat beberapa orang akan sensitif dengan bahan tertentu. Namun, jika Anda ingin mencobanya sendiri sebagai langkah antisipasi,

Berikut kami telah rangkum cara mengurangi pigmen hitam di wajah :

Mengoleskan Bawang Merah

Bawang merah bisa berfungsi sebagai agen pemutih. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sayuran ini dapat memblokir aksi sel yang menyebabkan pigmentasi berlebih.

Pada dasarnya, bawang merah bisa menjadi pengobatan rumahan yang baik jika Anda ingin menghilangkan flek hitam di wajah Anda. Ada cara sederhana untuk menggunakannya.

1. Ambil bawang merah dan potong dadu sekecil mungkin.
2. Tambahkan bawang bombay yang telah dipotong dadu halus ke dalam kantong teh kosong.
3. Sekarang oleskan tas ke area hiperpigmentasi. Biarkan jus bawang bombai menempel di kulit Anda selama 10 menit.

Mengoleskan Yoghurt atau Susu

Cara mengurangi pigmen hitam di wajah yang kedua dengan mengoleskan yoghurt ataupun susu. Para ilmuan menyarankan bahwa asam laktat dapat menjadi pengelupasan kimiawi yang baik untuk membantu mengatasi masalah kulit, termasuk hiperpigmentasi.

Untuk keperluan ini, tidak perlu membeli masker khusus. Anda bisa menggunakan yoghurt atau susu organik.

1. Oleskan langsung ke area berpigmen. Sebagai pilihan, rendam bola kapas dalam susu dan oleskan ke wajah Anda. Biarkan selama beberapa menit lalu bilas.
2. Oleskan pelembap. Ulangi prosedur ini 2 kali sehari, seperti di pagi hari dan sebelum tidur.

Mengoleskan Lidah Buaya

Cara mengurangi pigmen hitam di wajah berikutnya dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya miliki banyak manfaat kesehatan untuk kulit dan salah satunya mengurangi pigmentasi seiring waktu karena bahan aktifnya, yang disebut aloesin atau aloin.
Oleskan krim atau gel lidah buaya setiap hari dan setelah beberapa saat Anda akan melihat hasil yang positif.

Mengoleskan Cuka Sari Apel

Para ilmuwan mengatakan bahwa cuka sari apel dapat membantu melawan hiperpigmentasi berkat  asam asetat, yang mencerahkan kulit. Ia juga bertindak sebagai  antioksidan yang melindungi sel. Tapi hati-hati jika Anda memiliki masalah kulit lainnya.

1. Campurkan cuka sari apel dengan perbandingan yang sama dan air bersih.
2. Oleskan ke area dengan flek hitam dan biarkan selama 2-3 menit.
3. Sekarang bilas dengan air hangat.
4. Ulangi dua kali sehari.

Konsumsi Makanan Kaya Vitamin C

Cara mengurangi pigmen hitam di wajah berikutnya dengan rutin konsumsi makanan tinggi vitamin C. Para ahli kulit memperingatkan bahwa untuk berhasil menangani hiperpigmentasi, Anda perlu menjaga tubuh Anda luar dan dalam.

Jangan hanya memperhatikan krim dan masker, tetapi juga hal-hal yang Anda konsumsi. Vitamin C sangat penting untuk kulit yang sehat dan mulus. 


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *