Connect with us

Kesehatan

Cara Mencegah Munculnya Varises Yang Mengganggu Penampilan

Published

on

Varicose Veins
Share

Reportersatu, Memiliki kulit mulus tanpa cela memang idaman banyak orang. Namun, di kala kulit sudah mulus, penampakan garis hijau malah muncul. Ini merupakan pembengkakan pembuluh vena. Kondisi tersebut biasanya muncul di permukaan kulit pada bagian kaki. Namun, ada juga kemungkinan varises muncul di anggota tubuh lainnya. Hal ini bisa menurunkan rasa percaya diri Kamu, lho. Maka dari itu, sebelum terjadi, Kamu sebaiknya mencari tahu cara mencegah kemunculannya.

Sebagai catatan, sejatinya tak ada cara yang ampuh untuk mencegah timbulnya varises di permukaan kulit. Namun, tak ada salahnya Kamu mengubah gaya hidup menjadi lebih baik. Upaya ini kemungkinan besar bisa memperlambat kemunculan varises di kulit. Adapun cara mencegahnya yakni sebagai berikut.

1. Hindari duduk dan berdiri dalam jangka waktu lama
Perlu Kamu ketahui, duduk atau berdiri dalam waktu lama bisa menyebabkan varises. Hal pasalnya, pose tersebut bisa mempersulit sirkulasi darah di kaki, sehingga tekanan pada pembuluh darah pun meningkat. Kondisi ini bisa membuat darah menggumpal–dari pergelangan kaki hingga betis, sehingga memicu pembengkakan dan pegal.

Maka dari itu, Kamu disarankan untuk sering-sering mengistirahatkan kaki dengan meluruskannya atau sekedar menggerak-gerakan kaki, agar pembuluh darah lancar.

2. Hindari mengenakan baju ketat dan sepatu hak tinggi
Pemakaian baju ketat bisa menghambat aliran darah di tubuh. Maka dari itu, Kamu disarankan untuk mengenakan pakaian longgar, agar sirkulasi darah lebih lancar ke tubuh bagian bawah.

Tak hanya itu, penggunaan sepatu hak tinggi pun bisa membebani tumit sehingga aliran darah juga terhambat. Oleh karena itu, disarankan untuk mengenakan sepatu datar guna memperlancar sirkulasi darah.

3. Mengubah pola makan
Kandungan sodium atau garam pada makanan akan menahan air atau retensi di tubuh. Sehingga, pada kasus tertentu bisa menyebabkan kegemukan atau obesitas. Jika demikian, risiko terkena varises lebih cepat dan tinggi. Jadi, sebaiknya Kamu mengubah pola makan menjadi lebih sehat, sehingga kemunculan varises pun bisa dicegah.

4. Mengubah posisi tidur
Ibu hamil lebih rentan terkena varises. Salah satu cara untuk mencegah varises adalah dengan mengubah posisi tidur. Disarankan untuk tidur menghadap ke kiri. Posisi ini bisa mengurangi tekanan pada rahim dan memperlancar sirkulasi pembuluh darah vena yang ada di panggul ibu hamil.

5. Berhenti merokok
Merokok juga menjadi salah satu penyebab munculnya varises. Kandungan berbahaya pada rokok membuat pembuluh darah kaku dan lebih sempit, sehingga tak lagi elastis. Maka dari itu, Kamu disarankan untuk mengurangi kebiasaan merokok untuk mencegah kemungkinan muncaknya varises.

6. Rajin berolahraga
Berjalan kaki menjadi salah satu olahraga ringan yang bisa mencegah varises. Selain itu, Kamu juga bisa mencoba gerakan yoga seperti headstand, shoulder stand, atau legs-up-the-wall.

Gerakan-gerakan itu bisa meregangkan dan mengencangkan otot-otot pada betis dan paha belakang. Cara ini bisa melancarkan sirkulasi pembuluh darah vena, sehingga varises pun urung muncul.

Perlu Kamu ketahui juga, seiring berjalannya waktu, katup vena akan semakin melemah. Lantas varises pun kian buruk. Hal ini disebabkan oleh faktor usia, jenis kelamin, hingga riwayat keluarga juga turut menjadi pendukung timbulnya varises. Namun, dengan menjalani saran di atas secara rutin, Kamu bisa menjaga tekanan darahmu. Dengan begitu, kemungkinan munculnya varises bisa dikurangi.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *