Connect with us

Peristiwa

BTS Meal Picu Kerumunan, Polisi Segel Sejumlah Gerai McDonald’s

Published

on

Share

Reportersatu, Sejumlah Gerai makanan siap saji McDonald’s diserbu pembeli hingga pengemudi ojek online (ojol) imbas promo BTS Meal, menu kolaborasi McD dengan grup boy band asal Korea Selatan. Namun promo ini justru menimbulkan antrian dan picu kerumunan.

Sebagai upaya mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan apalagi masih dalam suasana pandemi Covid-29, akhirnya aparat keamanan menyegel sejumlah¬†gerai restoran makanan siap saji McDonald’s (McD).

Salah satu gerai yang ditutup petugas adalah McD di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Kapolsek Metro Gambir AKBP Kade Budiyarta mengatakan, penyegalan ini berlaku 1×24 jam.

“(Penyegelan) 1×24 jam dan apabila melanggar mereka akan dikenakan denda Rp50 juta,” katanya, Rabu (9/6).

loading...

Polisi bersama aparat TNI dan Satpol PP membubarkan antrean di gerai itu. Mereka juga meminta agar pihak McD tak mengaktifkan fitur pemesanan di aplikasi online. Hal ini dilakukan agar para pengemudi ojol juga tidak dirugikan.

“Pihak McD untuk segera menutup usahanya sementara dan aplikasi online-nya ditutup sehingga rekan-rekan Gojek maupun driver online lain tidak merasa dirugikan,” perintah Budiyarta.

Tak hanya di Jakarta, kerumunan juga terjadi di sejumlah daerah mulai dari Tangerang Selatan, Bandung, Yogyakarta, hingga Depok.

Petugas juga menyegel gerai McD di City Plaza (Ciplaz), salah satu pusat perbelanjaan modern di Kota Depok.

Kepala Satpol PP Kota Depok Lienda Ratnanurdianny mengatakan pihaknya menjatuhkan denda sebesar Rp10 juta ke McD Ciplaz karena telah menimbulkan kerumunan. Pihaknya juga menyegel gerai McD Ciplaz selama 3×24 jam atau hingga denda dibayar.

Selain di Ciplaz, kerumunan juga terjadi di empat gerai lain di Kota Depok yakni McD Bojong Sari, Margonda, Cinere, dan Depok Town Squere.

“Dari enam gerai McD, yang terpantau ada kerumunan lima, namun satu yang di Ciplaz yang dipandang perlu ada tindakan denda dan penyegelan,” jelasnya.

Di Jakarta sendiri, ada 32 gerai McD yang dijatuhi sanksi. Sanksi itu beragam, mulai dari teguran tertulis dan penyegelan 1×24 jam, hingga 3×24 jam.

“Jadi karena ada kerumunan yang luar biasa maka Satpol PP mengambil tindakan, langkah-langkah melakukan penyegelan dan TNI, Polri, Satgas,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota.

Selain itu, Polda Metro Jaya juga menyatakan akan memanggil pengelola McD karena pelanggaran prokes yang mereka timbulkan.

“Akan diundang untuk diklarifikasi,” kata Kabid Humas Polds Metro Jaya Yusri Yunus saat dihubungi.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *