Connect with us

Nasional

Blokir Video Paul Zhang, Polri Akan Koordinasi dengan Kominfo

Published

on

Share

Reportersatu, Terkait pemblokiran akun Youtube Jozeph Paul Zhang, youtuber yang di duga melakukan penistaan agama, Polri melalui Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim akan berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melakukannya.

“Kita akan koordinasi dengan instansi terkait, karena Polri tidak ada kewenangan. Tentunya, koordinasi dengan Kementerian Kominfo dan sebagainya,” kata Rusdi dalam konferensi pers, Senin (19/4/21).

loading...

Polri telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, Direktorat Jenderal Imigrasi, dan Interpol untuk melacak keberadaan pelaku terduga penistaan agama Jozeph Paul Zhang. Rusdi Hartono menyampaikan, pihaknya menduga Jozeph sedang berada di Jerman.

Baca juga : Picu Kerumunan, Pemerintah Larang Takbir Keliling Jelang Hari Raya Idul Fitri

“Sampai sejauh ini penelusuran dari Polri yang bersangkutan ada di negara Jerman,” kata Rusdi.

Selain melakukan koordinasi dengan lembaga terkait, Polri juga telah meminta keterangan sejumlah saksi ahli untuk menganalisis pernyataan Jozeph yang diduga menistakan agama Islam.

“Saksi ahli itu ada saksi ahli bahasa, saksi ahli sosiologi hukum, dan saksi ahli pidana. Keterangan saksi ahli sangat berguna untuk memastikan kasus yang terjadi,” kata Rusdi.

Rusdi menyampaikan, Jozeph dikenakan pasal 28 Ayat (2) UU ITE dan Pasal 156a KUHP.

“Unsur pasal yang bisa dikenakan pertama ujaran kebencian dalam UU ITE dan juga penodaan agama yang ada di KUHP,” kata Rusdi.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *