Connect with us

Kesehatan

Berikut 7 Tanda Anda Alami Depresi

Published

on

Share

Reportersatu, Rasa sedih berlarut-larut yang berlangsung dalam waktu lama hingga menimbulkan rasa putus asa menjadi salah satu ciri dari depresi.

Namun, depresi tak hanya berarti perasaan sedih yang berlarut-larut. Kenali gejala depresi yang kerap tak disadari, meski seseorang tak merasa sedih.

Faktanya, gejala depresi sangat bervariasi. Seseorang bisa saja mengunggah banyak foto diri di Instagram dan terlihat baik-baik saja, tapi secara bersamaan mengalami episode depresi yang berat.

Mengutip Psychology Today, depresi bisa terlihat sangat berbeda dari orang ke orang. Meski sama-sama mengalami depresi, belum tentu keduanya akan memiliki gejala yang sama.

Selain itu, ibarat pertumbuhan rambut yang tak terlihat nyata dari hari ke hari, depresi juga cenderung berkembang secara bertahap dan sering tak disadari. Gejala yang muncul juga sering kali berkembang pada waktu yang berbeda.

Tak hanya itu, beberapa gejala juga mungkin tak akan nampak seperti depresi. Sebagaimana disebutkan di atas, banyak orang berasumsi bahwa depresi adalah sedih. Namun, faktanya depresi tak melulu menyertakan kesedihan.

loading...

“Banyak orang dengan depresi lebih merasa mati rasa dibandingkan sedih, atau mungkin kehilangan minat pada hal-hal yang biasanya mereka nikmati,” tulis psikolog Seth J Gillihan.

Berikut gejala depresi yang sering tak disadari, meski seseorang tidak merasa sedih, mengutip Huffington Post.

1. Nafsu makan berubah drastis

Perubahan nafsu makan bisa terjadi dengan berbagai cara. Seseorang mungkin mengalami nafsu makan yang berkurang drastis atau justru cenderung makan berlebih.

Namun, perubahan pola makan akan tergantung pada individu. Jika seseorang memiliki lebih banyak penurunan kadar serotonin, maka seseorng mungkin lebih cenderung mencari kenyamanan dengan makan.

2. Mudah tersinggung dan mudah marah

Kemarahan bisa menjadi gejala depresi, terutama bagi pria.

Salah satu argumen yang menegaskan hal tersebut adalah bahwa pria kerap diasosiasikan dengan agresi yang membuat dirinya nyaman. Agresi membuat seorang pria merasa nyaman.

3. Menarik diri dari lingkungan sosial

Perubahan kebiasaan dalam lingkungan sosial agak sulit untuk diketahui. Namun, Anda perlu waspada jika ada orang di sekitar yang terus menutup diri di dalam kamar dan tak menerima panggilan apa pun.

Dalam skala ringan, perubahan ini bisa juga bisa terjadi dalam hal-hal kecil. Misalnya, seseorang jadi malas berbincang-bincang santai dengan ibu atau keluarga di rumah. Padahal, sebelumnya seseorang tersebut adalah pribadi yang kerap menghabiskan waktu bersama keluarga. Kondisi ini bisa menjadi tanda awal depresi.

4. Kehilangan minat

Depresi adalah hilangnya vitalitas dan energi seseorang. Gejala ini biasanya mudah terlihat pada pribadi yang energik dan penuh semangat. Seseorang yang energik bisa tiba-tiba menjadi pendiam atau malas melakukan apa pun saat merasa depresi.

5. Terlalu banyak bekerja

Ada perbedaan tipis antara menjadi seorang pekerja keras dengan seseorang yang menggunakan pekerjaan untuk menutupi masalah mentalnya.

Bekerja berlebih bisa menjadi cara seseorang untuk menghindari episode depresi yang dirasakannya. Bekerja menjadi cara seseorang ‘melarikan diri’ dari hal-hal yang tak ingin dipikirkannya.

6. Libido rendah

Libido yang turun drastis dibandingkan dengan biasanya bisa menjadi indikasi bahwa ada sesuatu yang terjadi pada seseorang.

Para ahli di John Hopkins Women’s Mood Disorder Center mengatakan, penurunan libido menjadi salah satu gejala utama yang dicara para dokter dalam mendiagnosis episode depresi mayor.

7. Pola tidur berubah

Tanpa adanya kesedihan, pola tidur yang berubah bisa menunjukkan adanya penurunan kondisi mental.

Pola tidur bisa berubah dengan beberapa cara. Seseorang akan mengalami kesulitan untuk tertidur atau insomnia. Seseorang lain bisa mengalami keinginan berlebih untuk terus tidur sepanjang hari.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *