Connect with us

Kesehatan

Berikut 6 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Published

on

Share

Reportersatu, Air kelapa tidak hanya memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, tapi juga memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.


Berikut beberapa manfaat air kelapa untuk kesehatan.


Air kelapa terbentuk secara alami di dalam buah serta mengandung 94 persen air dan sangat sedikit lemak. Air yang ditemukan dalam kelapa muda merupakan sumber serat, vitamin C, dan beberapa mineral penting yang baik.


Satu cangkir (240 ml) air kelapa mengandung 46 kalori serta karbohidrat 9 gram, serat 3 gram, protein 2 gram, vitamin C, magnesium, kalium, sodium, kalsium, dan lainnya.

  1. Menurunkan tekanan darah
    Air kelapa mungkin bagus untuk mengontrol tekanan darah.
    Dalam satu penelitian kecil pada orang dengan tekanan darah tinggi, air kelapa meningkatkan tekanan darah sistolik (jumlah pembacaan tekanan darah yang lebih tinggi) pada 71 persen peserta.
    Selain itu, dikutip dari Healthline, air kelapa mengandung 600 mg potasium dalam satu cangkir (240 ml) atau sekitar 17 persen asupan harian kalium. Kalium telah terbukti menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi atau normal.
  2. loading...
  3. Memulihkan hidrasi
    Air kelapa bisa menjadi minuman yang sempurna untuk memulihkan hidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang saat berolahraga.
    Elektrolit adalah mineral yang memainkan beberapa peran penting dalam tubuh Anda, termasuk menjaga keseimbangan cairan. Air kelapa juga termasuk kalium, magnesium, natrium dan kalsium.
    Dua penelitian menemukan bahwa air kelapa memulihkan hidrasi setelah berolahraga lebih baik daripada air dan sama dengan minuman olahraga elektrolit tinggi.
  4. Menjaga Kekebalan Tubuh
    Air kelapa kaya akan nutrisi seperti riboflavin, niasin, thiamin dan piridoksin juga folat.
    Ia juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Air kelapa juga mampu melawan infeksi virus seperti virus influenza.
  5. Memiliki sifat antioksidan
    Penelitian pada hewan yang terpapar racun menunjukkan bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang mengubah radikal bebas sehingga tidak lagi menyebabkan kerusakan.
    Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi di sel Anda selama metabolisme. Produksinya meningkat sebagai respons terhadap stres atau cedera.
    Ketika ada terlalu banyak radikal bebas, tubuh Anda memasuki keadaan stres oksidatif, yang dapat merusak sel-sel Anda dan meningkatkan risiko penyakit.
    Namun, sejauh ini belum ada penelitian yang mengamati aktivitas antioksidan ini pada manusia.
  6. Menyehatkan Pencernaan
    Air kelapa dikenal bisa mengatasi segala penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Jika terkena diare, pasti semua langsung menyarankan untuk minum air kelapa.
    Selain diare, air kelapa juga digunakan untuk mengobati konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal.
  7. Atasi Sakit Kepala
    Jika pada malam harinya kepala terasa sakit, maka air kelapa jadi minuman yang pas untuk memulai hari. Saat kepala terasa sakit atau migrain, orang cenderung mencari obat di apotek atau warung, padahal ada obat tradisional yang lebih aman.
    Sakit kepala bisa dipicu oleh dehidrasi, sehingga minum air kelapa bisa menyuplai elektrolit bagi tubuh dan mengatasi dehidrasi.
    Selain itu, air kelapa juga mengandung magnesium yang mampu meredakan migrain. Tak perlu khawatir minum air kelapa dalam keadaan perut kosong karena kandungan asamnya yang rendah, sehingga aman untuk lambung.

Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *